Mengungkap Penegasan Diri di Situs Web Iklan Koleksi Musim Gugur-Musim Dingin 2022/2023 Dior: Analisis SF-MDA
Revealing Self-Assertion in Dior Fall-Winter 2022/2023 Collection Advertising Website: A SF-MDA Analysis
Amalika, Salsa. 2024. Mengungkap Penegasan Diri di Situs Web Iklan Koleksi Musim Gugur-Musim Dingin 2022/2023 Dior: Analisis SF-MDA. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: Dian Rivia Himmawati
Kata kunci: Self-Assertion, Dior, Website Iklan, SF-MDA
Saat ini, banyak situs web mode periklanan menggunakan konsep penegasan diri di situs web mereka untuk mempertahankan wanita sebagai pelanggan mereka (Terlutter, 2020). Situs web menggunakan oleh kombinasi elemen verbal dan visual untuk menyampaikan pesan penegasan diri kepada pelanggan mereka.
Studi ini berfokus pada halaman situs web Dior Fall-Winter 2022/2023 Ready-To-Wear Show, yang menggunakan berbagai jenis penegasan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan setiap elemen verbal dan visual dalam website Dior, serta memahami interaksi antara kedua elemen tersebut dengan menggunakan teori Struktur Website oleh (Djonov, 2005), Systemic Functional Linguistics oleh (Butt, 2011), SF-MDA oleh (O'Halloran, 2008), dan Tata bahasa visual dari Theory of Shots with Color Composition oleh (Kress Van Leeuwen, 2020). Kemudian, hasil interaksi antara verbal dan visual dikombinasikan dengan Ide Intersemiotik dari O'Halloran. Deskripsi meliputi: (1) Apa elemen verbal dan visual yang digunakan dalam situs web iklan Dior? (2) Bagaimana interaksi antara elemen verbal dan visual menciptakan makna penegasan diri? (3) Apa interpretasi yang memperkuat klaim Dior tentang penegasan diri?. Penulis menerapkan metode kualitatif deskriptif dan Teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam analisis data, penulis melakukan beberapa proses analisis: (1) Menganalisis elemen verbal dan visual di situs web Dior, (2) Menggambarkan bagaimana interaksi antara elemen verbal dan visual menciptakan makna penegasan diri. (3) Menganalisis interpretasi yang memperkuat klaim Dior tentang penegasan diri.
Hasilnya menunjukkan bahwa lima bagian konten di halaman situs web Dior menggunakan materi verbal dan visual, dalam bentuk video, gambar, dan keterangan. Ada tiga bagian konten yang mengikuti posisi hierarki situs web Djonov kiri-kanan. Sementara itu, ada satu total posisi hierarki top-down. Namun, ada satu bagian konten yang menggunakan kombinasi kedua hierarki yang sebenarnya bisa membuat situs web menyenangkan dan memberikan lebih banyak kebebasan kepada pembaca. Interaksi antara elemen verbal dan visual menggunakan karakteristik dan kriteria penegasan diri yang diusulkan oleh Finkelstein. J dan Fred Davis. Klaim Dior tentang penegasan diri kemudian diperkuat dengan penggunaan "konsep pergeseran" penegasan diri agresif dengan cara yang diusulkan oleh Terlutter dan Szulawski.
Amalika, Salsa. 2024. Revealing Self-Assertion in Dior Fall-Winter 2022/2023 Collection Advertising Website: A SF-MDA Analysis. English Language and Literature Department, Surabaya State University. Advisor: Dian Rivia Himmawati
Keywords: Self-Assertion, Dior, Advertising Website, SF-MDA
Nowadays, many advertising fashion websites are employing the self-assertion concept on their website to maintain women as their customers (Terlutter, 2020). Website is employed by the combination of verbal and visual elements to deliver the self-assertion messages to their customers.
This present study focuses on Dior Fall-Winter 2022/2023 Ready-To-Wear Show website pages, that employed different type of self-assertion. The purpose of the study is to describe any verbal and visual elements in the Dior website, as well as understand the interplay between both of those elements using Website Structure theory by (Djonov, 2005), Systemic Functional Linguistics by (Butt, 2011), SF-MDA by (O’Halloran, 2008), and Visual grammar of Theory of Shots with Color Composition by (Kress Van Leeuwen, 2020). Then, the interplay result between verbal and visual is combined with the Intersemiotic Ideation from O’Halloran. The description includes: (1) What are the verbal and visual elements are used in the Dior advertising website? (2) How does the interplay between verbal and visual elements create self-assertion meaning? (3) What is the interpretation that strengthens Dior’s claim about self-assertion?. The writer applies the descriptive qualitative method and Documentation technique to collect the data. In the data analysis, the writer does some process of analysis: (1) Analyzing the verbal and visual elements on the Dior website, (2) Describing how the interplay between verbal and visual elements creates the meaning of self-assertion. (3) Analyzing the interpretation that strengthens Dior’s claim about self-assertion.
The result shows that five content sections on Dior website pages employ both verbal and visual materials, in the form of videos, pictures, and captions. There are three content sections following the Djonov website hierarchy positions of left-right. Meanwhile, there is one total of hierarchy positions of top-down. However, there is one content section that uses the combination of both hierarchies that actually could make the website playful and give more freedom to the readers. The interplay between both verbal and visual elements employs the characteristics and criteria of self-assertion proposed by Finkelstein. J and Fred Davis. Dior’s claim about self-assertion is then strengthened by the use of the “shifting concept” of aggressive self-assertion in the fashion proposed by Terlutter and Szulawski.