Pada proses pembelajaran salah satu komponen penting yang perlu dipenuhi untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar merupakan dasar pengetahuan yang harus dikuasai oleh siswa dan disusun berdasarkan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar siswa kelas XI UPW maka dikembangkan bahan ajar berupa modul bahasa Jepang dengan tema pariwisata. Modul yang dikembangkan disusun berdasarkan metode belajar kontekstual (CTL) dan dikembangkan berdasarkan teori penelitian pengembangan Sugiyono. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan hasil uji coba pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar bahasa Jepang tema pariwisata berbasis CTL untuk siswa kelas XI UPW.
Subyek penelitian ini adalah siswa program siswa kelas UPW SMKN 10 Surabaya dengan kelas XI UPW 2 sebagai kelas uji coba produk dan kelas XI UPW 1 sebagai kelas uji coba pemakaian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil validasi kelayakan modul (materi, bahasa, dan kegrafikan), hasil lembar observasi penggunaan modul pada pembelajaran, dan angket respon siswa.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi kelayakan modul dari segi materi sebesar 97% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian kelayakan dari segi bahasa sebesar 91,43% yang termasuk dalam kategori sangat baik, serta kelayakan dari segi kegrafikan sebesar 93% yang juga termasuk dalam kategori sangat baik.
Hasil observasi juga dapat dikategorikan sangat baik, dengan persentase total skor 96% dari validator pertama dan 84% dari validator kedua. Sehingga dapat dikatakan modul layak digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil respon siswa menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif dari siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase nilai respon siswa pada setiap aspek berada pada interval 71%-85%. Pada interval tersebut respon positif yang diperoleh termasuk kategori kuat dan sangat kuat.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa modul bahasa Jepang tema pariwisata berbasis CTL layak digunakan dalam pembelajaran dan mendapatkan respon positif dari siswa dan guru.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul bahasa Jepang, Tema pariwisata, Contextual Teaching and Learning.
In learning process, one important component that needs to be fulfilled in order to achieve learning objectives is teaching material. Teaching materials are a knowledge base that must be mastered by students and arranged based on student needs. Therefore, to meet the needs of XI UPW students' teaching materials, teaching materials will be developed in the form of Japanese language modules with the theme of tourism. The modules developed based on contextual teaching and learning methods (CTL) and are developed based on Sugiyono's development research theory. This study aims to describe the results of the development, feasibility, and student responses to Japanese language teaching materials with tourism theme based on CTL.
The subjects of this study were students of XI UPW in SMK 10 Surabaya with class XI UPW 2 as a product trial class and XI UPW 1 class as a usage trial class. The data used in this study are the results of the validation of module feasibility (material, language, and graphics), the results of the observation sheet using modules in learning, and student response questionnaires.
Based on the data analysis that has been done, the results of the feasibility validation of the module in terms of material by 97% are included in the excellent category. Then the feasibility in terms of language is 91.43% which is included in the excellent category, and feasibility in terms of graphics is 93% which is also included in the excellent category.
The results of observations can also be categorized very well, with a percentage total score of 96% from the first validator and 84% from the second validator. So that it can be said that the module is feasible to be used in the learning process. While the results of student responses indicate that the module developed has a positive response from students. This is indicated by the percentage of student response values in each aspect in the interval 71% -85%. At these intervals the positive responses obtained included strong and very strong categories.
Based on the explanation above, it can be concluded that the Japanese language module with tourism theme based on CTL is suitable for use in learning and get a positive response from students and teachers.
Keywords: Research and Development, Japanese Learning Module, Japanese for tourism, Contextual Teaching and Learning