Kolase Berbahan Manik-Manik Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMA Senopati Sidoarjo
Collage Made of Beads with The Theme of Flora and Fauna Stilation at SMA Senopati in Sidoarjo
Pada dasarnya manusia terlahir dengan kemampuan yang ada dalam dirinya. Berbekal kemampuan yang sudah dimiliki oleh setiap peserta didik, guru dapat membantu peserta didik mengembangkan kreativitas, diantaranya dalam pelajaran seni budaya. Di SMA Senopati Sidoarjo, guru sudah mengajak peserta didik untuk membuat kaya seni rupa menggunakan bahan dan media yang bervariasi. Kali ini peneliti mengajak peserta didik untuk membuat karya kolase dari bahan manik-manik. Manik-manik dipilih karena belum pernah dipakai sebagai media untuk berkarya sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMA Senopati Sidoarjo, dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tentang manik-manik sebagai bahan kolase, karya manik-manik sebagai bahan kolase yang telah dihasilkan peserta didik, serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran manik-manik sebagai bahan kolase.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis naratif. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Pembelajaran dimulai dengan membentuk kelompok, setelah membentuk kelompok peserta didik diminta membuat desain kolase bertema stilasi pada kertas. Kemudian menyiapkan alat dan bahan, kemudian desain dari kertas dipindahkan ke media kain, dan manik-manik dipasang pada kain dengan cara dijahit menggunakan benang dan jarum sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu karya dikumpulkan untuk dinilai dan peserta didik diminta untuk mengungkapkan kekurangan dan kelebihan pembelajaran ini.
Dari penelitian ini telah dihasilkan 10 karya kolase bertema stilasi flora dan fauna dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70. Nilai yang didapat peserta didik merupakan penilaian dengan kriteria 1) Keseuaian Tema, 2) Keunikan, 3) Keindahan, 4) Kerapian. Guru seni budaya menanggapi bahwa penelitian ini memiliki kelebihan menambah pengalaman baru, karena media yang digunakan merupakan hal baru. Bagi peserta didik penelitian ini terasa sangat membutuhkan kesabaran dan kreativitas yang tinggi ketika berkarya namun menambah wawasan dan pengalaman baru. Pembelajaran dalam penelitian ini dapat diterapkan pada kelas yang lain karena menghasilkan respon yang positif meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Kata Kunci : kolase, manik-manik, stilasi
Basically, humans are born with abilities that exist within themselves. Armed with the abilities that each student already has, teachers can help students develop creativity, including in cultural arts lessons. At Senopati Sidoarjo High School, teachers have invited students to make rich art using various materials and media. This time the researcher invited students to make collage works from beads. Beads were chosen because they had never been used as a medium for art before. This research was conducted in class XI MIPA SMA Senopati Sidoarjo, with the aim of knowing the learning process about beads as collage material, the work of beads as collage material that has been produced by students, as well as the advantages and disadvantages of learning beads as collage material.
This research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques used interviews, observations, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques with narrative analysis. Data validity used source triangulation.
Learning begins with forming a group, after forming a group, students are asked to make a collage design with a stilation theme on paper. Then prepare the tools and materials, then the design from the paper is transferred to the fabric media, and the beads are attached to the fabric by sewing using threads and needles according to the design that has been made before. After that, the work was collected to be assessed and students were asked to express the advantages and disadvantages of this learning.
From this research, 10 collage works with the theme of flora and fauna stilation have been produced with the highest score of 90 and the lowest score of 70. The scores obtained by students are an assessment of the criteria 1) Appropriateness of Theme, 2) Uniqueness, 3) Beauty, 4) Neatness. Cultural arts teachers responded that this research has the advantage of adding new experiences, because the media used is new. For students, this research requires a lot of patience and creativity when working but adds new insights and experiences. Learning in this study can be applied to other classes because it produces a positive response even though it costs a lot of money.
Keyword: collage, beads, stilation.