Kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pelajaran biologi materi substansi genetika yang ditemukan dari beberapa sekolah masih tergolong rendah karena objek-objek yang dikaji dalam materi tersebut bersifat mikroskopis dan proses yang terjadi di dalamnya tidak dapat terlihat secara langsung sehingga siswa sulit untuk memunculkan ide yang kreatif dalam memecahkan permasalahan tentang substansi genetika. Salah satu strategi yang mampu melatih kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu strategi metakognitif karena strategi tersebut dapat mengatur dan mengontrol segala sesuatu yang telah dipelajari siswa sehingga siswa dapat menggerakkan imajinasinya untuk memunculkan ide yang kreatif dalam memecahkan permasalahan. Oleh karena itu, perlu melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi genetika dengan berbasis strategi metakognitif melalui penelitian pengembangan perangkat biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran biologi berbasis strategi metakognitif pada materi genetika yang valid, praktis dan efektif untuk mengajarkan materi genetika. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model Dick & Carrey (1990). Desain uji coba dilakukan dengan menggunakan one group pretest-postest design yang diujicobakan pada 23 siswa kelas XII IPA di SMA Ulul Albab. Teknik análisis data menggunakan análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat diperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid, kepraktisan perangkat yang dikembangkan diperoleh skor 3,78 dengan kategori baik sekali, dan keefektifan perangkat yang dikembangkang diperoleh hasil yang efektif karena kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dari skor rata-rata 33,4% dengan kriteria kurang kreatif meningkat menjadi 74,64% dengan kategori kreatif.
The ability to think creatively high school students in biology subject to genetic material found in several schools is still relatively low because the objects studied in genetic material learning are microscopic and the processes that occur in them cannot be seen directly so students find it difficult to come up with creative ideas in solving problems about genetic material. One strategy that is able to train students' creative thinking ability is metacognitive strategies because these strategies can regulate and control everything students have learned so that students can move their imagination to come up with creative ideas in solving problems. Therefore, it is necessary to train students' creative thinking skills on genetics learning based on metacognitive strategies through research into the development of biological devices. This research aims to produce biology learning tools based on metacognitive strategies on valid, practical and effective genetic material to teach genetic material. The development of this learning tool refers to the model of Dick & Carrey (1990). The trial design was carried out using one group pretest-posttest design which was tested on 23 students of Class XII Science in Ulul Albab Senior High School. The data analysis technique uses quantitative and qualitative descriptive analysis. The results showed that the results of the validation of the device obtained an average score of 3.65 with a very valid category, the practicality of the devices developed obtained a score of 3.78 with excellent categories, and the effectiveness of the devices developed obtained effective results because of the creative thinking abilities of students experiencing an increase from an average score of 33.4% with less creative criteria increased to 74.64% with the creative category.