Pendidikan Karakter Dalam Wacan Bocah Majalah Panjebar Semangat Tahun 2023
Majalah Panjebar Semangat ialah majalah yang masih popular hingga saat ini, salah satu majalah berbahasa jawa. Majalah ini menyediankan berbagai macam bacaan, yang isinya terdapat nilai pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan hal yang utama, pendidikan karakter diharapkan bisa menjadi pondasi paling utama untuk anak-anak bangsa Indonesia supaya punya martabat baik. Penelitian ini memiliki Tujuan untuk menjelaskan gambaran dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada wacan bocah majalah Panjebar Semangat. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori sosiologi. Sedangkan dari segi metodologis, metode yang digunakan ialah teori analisis deskriptif kualitatif. Sumbar data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita anak pada majalah Panjebar Semangat. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah cuplikan dari cerita anak yang ada pada majalah Panjebar Semangat. Instumen yang digunakan ialah peneliti itu sendiri dan instrument pendukung yaitu majalah Panjebar Semangat, buku, dan alat tulis.Teknik tata cara mengumpulkan data menggunakan teknik membaca, mencatat dan menjabarkan. Cara analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan mengumpulkan data, menggolongkan data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga yaitu: mandiri, gotong royong, dan integritas. Setiap nilai pendidikan karakter memiliki sub nilai, yaitu: Pendidikan karakter mandiri sub nilai kerja keras, kreatif, disiplin, suka belajar. Pendidikan karakter gotong royong sub nilai kerja sama, solidaritas, saling membantu, dan kekeluargaan. Pendidikan karakter integritas sub nilai jujur dan santun. Penelitian menunjukan bahwa wacan bocah majalah Panjebar Semangat mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang sangat penting dan harus diterapkan sejak dini, karena pendidikan karakter sangat mempengaruhi karakter pada anak. Karakter anak juga dapat dipengaruhi karena faktor lingkungan, lingkungan keluwarga, lingkungan masarakat dan lingkungan sekolah. Lingkungan disekitar anak sangat berpengaruh untuk membentuk sifat anak.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Wacan Bocah
Panjebar Semangat Magazine is a magazine that remains popular to this day, one of the magazines in the Javanese language. This magazine provides a variety of readings that contain character education values. Character education is a primary concern, as it is hoped that character education can become the main foundation for Indonesian children to have good dignity. This study aims to describe and analyze the values of character education in the children's stories of the Panjebar Semangat magazine. This research uses a sociological theory approach. Methodologically, the method used is a qualitative descriptive analysis theory. The data sources used in this research are children's stories in the Panjebar Semangat magazine. The data used in this research are excerpts from children's stories in the Panjebar Semangat magazine. The instruments used are the researcher themselves and supporting instruments such as the Panjebar Semangat magazine, books, and writing tools. The data collection technique involves reading, noting, and describing. The data analysis method used in this study involves collecting data, classifying data, presenting data, and concluding data. The research results are divided into three categories: independence, mutual cooperation, and integrity. Each character education value has sub-values, namely: independent character education includes the sub-values of hard work, creativity, discipline, and a love of learning. Mutual cooperation character education includes the sub-values of cooperation, solidarity, helping each other, and family. Integrity character education includes the sub-values of honesty and politeness. The research shows that the children's stories in the Panjebar Semangat magazine contain very important character education values that must be instilled from an early age, as character education greatly influences a child's character. A child's character can also be influenced by environmental factors, including the family environment, the community environment, and the school environment. The environment around a child greatly affects the formation of the child's traits.
Keywords: Character Education, Children’s Stories