PERBEDAAN SEMANGAT KERJA PADA KARYAWAN PT X DITINJAU DARI MASA KERJA
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan semangat kerja pada karyawan PT. X ditinjau dari masa kerja. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 90 karyawan. Instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa skala psikologi variabel semangat kerja. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu subjek diambil berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria dalam penelitian ini yakni karyawan tetap, karyawan didivisi maintenance. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis one way anova dengan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows. Berdasarkan hasil uji One Way Anova yang sudah dilakukan, menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,028. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan semangat kerja pada karyawan ditinjau dari masa kerja, karena nilai 0,028 (sig. 0,028 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa semakin lama masa kerja yang dimiliki oleh karyawan, maka semakin tinggi juga tingkat semangat kerja dari karyawan tersebut.
This study was conducted with the aim of knowing the differences in morale among employees of PT X based on tenure. This research method uses comparative quantitative research methods. The subjects in this study were 90 employees. The research instrument used is a psychological scale of work enthusiasm variables. Sampling in this study used a purposive sampling technique, that is, subjects were taken based on certain criteria. The criteria in this study are permanent employees, maintenance division employees. The data analysis technique used is the one way anova analysis technique with the help of the SPSS version 25.0 for windows program. Based on the results of the One Way Anova test that has been carried out, it produces a significance value of 0.028. These results indicate that there are differences in work enthusiasm in employees in terms of length of service, because the value is 0.028 (sig. 0.028 <0.05). It can be concluded that the longer the length of service owned by employees, the higher the level of morale of the employee.