Studi Literatur Pengaruh Penggunaan Gamifikasi dalam Pembelajaran Ilmu Komputer di Perguruan Tinggi
Literature Study of the Effect of Using Gamification on Computer Science Learning in Higher Education
Tingkat ketertarikan dan motivasi belajar yang rendah dalam pembelajaran adalah masalah yang umumnya terjadi di jurusan ilmu komputer karena kompleksitas dan kesulitannya untuk menguasai kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga berpengaruh terhadap akivitas belajar dan hasil pembelajaran mahasiswa. Salah satu metode yang dipilih adalah dengan menggunakan gamifikasi karena dari survei yang dilakukan oleh Butler S menunjukkan 85% mahasiswa merasa jika belajar lebih seperti permainan, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar. Studi literatur kemudian dilakukan mengunakan metode Systematic Literature Review untuk mengetahui pengaruh penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran ilmu komputer di perguruan tinggi. Dari analisis yang telah dilakukan terhadap 10 jurnal relevan menunjukkan penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran ilmu komputer memberikan dampak yang positif terhadap aktivitas maupun hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan pada hasil studi literatur ini, dapat disimpulkan penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran ilmu komputer dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi maupun hasil belajar mahasiswa.
Low interest and motivation to learn in learning is a problem that generally occurs in computer science majors because of the complexity and difficulty of mastering the competencies and skills needed so that it affects learning activities and student learning outcomes. One of the methods chosen is to use gamification because a survey conducted by Butler S shows 85% of students feel that if learning is more like a game, they will be more motivated to learn. The literature study was then carried out using the Systematic Literature Review method to determine the effect of the use of gamification in computer science learning in higher education. From the analysis that has been carried out on 10 relevant journals, it shows that the use of gamification in computer science learning has a positive impact on student activity and learning outcomes. Based on the results of a literature study, it is concluded that the use of gamification in computer science learning can increase student engagement, motivation and learning outcomes.