RESPON SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA
THE INFLUENCE OF DOMINO GAMES IN PEER TEACHING LEARNING ON STUDENT LEARNING MOTIVATION IN WATER POLLUTION MATERIAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian literature. Instumen penelitian ini menggunakan angket respon siswa yang disebarkan kepada 30 siswa MTs. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan teknik angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Data yang diperoleh pada penelitian ini akan dianalisis dengan mengitung hasil persentase setiap pernyataan hasil angket respon siswa, sehingga diketahui respon positif dan respon negatif siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan respon positif lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing, respon positif hampir diperoleh pada setiap penyataan kecuali pada pernyataan 8 mengenai siswa tidak kesulitan ketika membuat hipotesis/ dugaan sementara di buku dan LKS memperoleh repon yang seimbang antara respon positif dan repon negatif.
Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, angket respon siswa, responĀ positif dan respon negatif.
This study aims to determine students' responses to the application of guided inquiry learning models on heat material and its displacement. This research uses qualitative research using literature review method. The research instrument used a student response questionnaire distributed to 30 MTs students. The data collection techniques used were in the form of interview techniques and questionnaire techniques for student responses to the application of the guided inquiry learning model. The data obtained in this study will be analyzed by calculating the percentage results of each student response questionnaire result, so that the positive and negative responses of students are known. The results obtained showed more positive responses than students' negative responses to the application of the guided inquiry model, positive responses were almost obtained in every statement except in statement 8 regarding students having no difficulty when making hypotheses / assumptions while in books and student worksheets obtained a balanced response between positive response and negative response.
Keywords: guided inquiry learning model, student response questionnaire, positive response and negative response.