ABSTRAK
Setyowati, Wiwit
Wahyu. 2022. Hubungan
Gaya Belajar, Kemandirian
Belajar dan
Self Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Komputer d an Jaringan Dasar Jurusan Multimedia SMK di Kabupaten Gresik. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof.
Dr. H. Munoto, M.Pd. (2) Dr.
Lilik Anifah, S.T., M.T.
Kata-kata kunci:
Gaya
Belajar, Kemandirian
Belajar dan
Self Efficacy, Hasil Belajar Siswa, Komputer d an Jaringan Dasar
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beberapa faktor intern siswa Jurusan
Multimedia SMK yang meliputi faktor (1) gaya belajar, (2) kemandirian belajar
dan (3) Self Efficacy terhadap hasil
belajar siswa, baik tiap masing-masing faktor maupun secara bersama-sama
terhadap hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar .
Pada
penelitian berpendekatan kuantitatif ini, penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode ex post facto .
Adapun penentuan sampel penelitian berdasarkan teknik pemilihan sampel jenuh,
yakni siswa jurusan multimedia dari SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Driyorejo yang
berjumlah 110 peserta didik .
Sejalan
dengan tujuan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada
hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar (ditinjau dari hasil belajar ranah kognitif dengan
nilai sig. 0,000 dan memberi korelasi sebesar 38,8%) jurusan
Multimedia SMK di Kabupaten Gresik;
(2) Ada hubungan
positif antara kemandirian belajar dengan hasil
belajar pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar (ditinjau dari hasil belajar ranah kognitif dengan
nilai sig. 0,000 dan memberi korelasi sebesar 40,9%) jurusan
Multimedia SMK di Kabupaten Gresik;
(3) Ada hubungan
positif antara Self
Efficacy dengan hasil belajar
pada mata pelajaran komputer dan jaringan
dasar (ditinjau dari hasil belajar ranah kognitif dengan
nilai sig. 0,000 dan memberi korelasi sebesar 42,6%)jurusan
Multimedia SMK di Kabupaten Gresik;
(4) Ada hubungan
positif antara gaya belajar, kemandirian belajar dan Self Efficacy s e cara bersama-sama dengan hasil belajar siswa mata pelajaran komputer dan jaringan dasar (ditinjau dari hasil belajar ranah kognitif dengan
nilai sig. 0,000 dan memberi korelasi sebesar 62,1%) jurusan
Multimedia SMK di Kabupaten Gresik.