Analisa Kinerja Lalu Lintas Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo Kota Surabaya
Traffic Performance Analysis of Urip Sumoharjo Street Road Section Surabaya City
Fungsi dasar transportasi adalah sebagai sarana dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Pergerakan arus lalu lintas Kota Surabaya, tercatat meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan pergerakan berdampak pada timbulnya beberapa permasalahan transportasi. Kemacetan maupun tundaan lalu lintas merupakan beberapa permasalahan yang disebabkan peningkatan arus. Ruas Jalan Urip Sumoharjo, berlokasi di Kecamatan Tegalsari, Wilayah Surabaya Pusat. Area tersebut merupakan pusat perdagangan dan perkantoran yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Ruas Jalan Urip Sumoharjo merupakan jaringan jalan arteri sekunder dan salah satu jalan utama di Wilayah Surabaya Pusat. Parameter kinerja lalu lintas ruas jalan adalah nilai kapasitas aktual beserta rasio antara volume lalu lintas dengan kapasitas atau degree of saturation. Tujuan penelitian merupakan evaluasi kinerja lalu lintas pada Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo melalui analisa terhadap derajat kejenuhan. Survei yang dilaksanakan berupa pencacahan lalu lintas, kecepatan, dan inventarisasi jalan, dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, Kamis, dan Minggu. Periode survei dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Berdasarkan hasil perhitungan MKJI 1997, Kapasitas (C) lokasi studi adalah 4481 smp/jam dan kecepatan arus bebas kendaraan ringan (FV) adalah 57,91 km/jam. Hasil evaluasi kinerja lalu lintas pada Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo berdasarkan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) menunjukkan bahwa tingkat pelayanan yang paling buruk adalah kelas F (DS = 1,025) untuk arah pergerakan Jalan Basuki Rahmat – Jalan Darmo. Sedangkan, untuk arah pergerakan Jalan Darmo – Jalan Basuki Rahmat adalah kelas E (DS = 0,953). Klasifikasi tersebut merupakan hasil analisa pada kondisi volume maksimum, Kamis 16 April 2020.
The fundamental function of transportation is sufficing human needs. Surabaya City traffic flow movement has been increasing from year to year. Thus conditions lead to several transportation problems. Congestion and delays are some of the problems caused over the growth of traffic flow. Urip Sumoharjo Street located in Tegalsari District, Central Surabaya Region. The area serves as a business center that supports the economic growth of Surabaya. Urip Sumoharjo Road Section is a secondary arterial streets and one of the main streets in the Central Surabaya Region. Traffic performance parameter of a road section measured by the value of actual capacity and the ratio between volume and capacity proclaimed as a degree of saturation. This research aim is to evaluate traffic performance in the Urip Sumoharjo Road Segment through analysis of the degree of saturation. Survey was conducted in the form of traffic counts, speed, and road inventory, on Monday, Wednesday, Thursday, and Sunday. Survey period starts at 06:00 WIB until 22:00 WIB. Based on the MKJI 1997 calculations, the Capacity (C) of the study location was 4481 pcu/hour, and the free-flow speed of light vehicles (FV) was 57.91 km/h. Evaluation of traffic performance in the Urip Sumoharjo Road Segment based on the Service Level Index (ITP) indicates that the most inadequate service level is grade F (DS = 1.025) for Basuki Rahmat – Darmo. Furthermore, for Darmo - Basuki Rahmat, the most inadequate service level is grade E (DS = 0.953). Analysis based on the maximum volume conditions, Thursday 16th April 2020.