ABSTRAK
Syaifuddin,Tamam.
2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganeragaan (PKn) Kelas XI
Kata
kunci : Model
Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Tujuan
penelitian ini adalah: (1) menguji
perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran team games turnament (TGT) dan dirrect instruction (DI), (2) menguji
perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar
tinggi dan rendah, (3) menguji pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn.
Untuk
mencapai tujuan penelitian tersebut, dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada
siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri Model Terpadu Bojonegoro tahun
pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran PKn. Eksperimen menggunakan rancangan
faktorial 2 x 2 non ekuivalen control groupo desain. Pemilihan subyek peneltian
dilakukan secara random sehingga terpilih kelas XI IPS1 dan XI IPS2 sebagai
kelompok eksperimen (model pembelajaran TGT) dan kelas XI IPS3 dan XI IPS4
sebagai kelompok kontrol (model DI). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes
hasil belajar dan angket motivasi belajar yang telah tervalidasi. Data diolah
dan dianalisis untuk uji hipotesisi menggunkan analisis varians (anava) dua
jalur, yang sebelumnya dilakukan uji prasarat berupa uji normalitas, uji
homogenitas dan uji kesetaraan pengetahuan awal siswa.
Berdasarkan
analisis data, ditemukan hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat
perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok siswa yang menerapkan model
TGT dan DI (p=0,018), (2) ) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara
kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (p=0,000), (3)
terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn
(0,022).