ABSTRAK
Rahayu , Daniar Meiliana , 2019 , Pengembangan Multimedia
Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Peran Ekonomi
Dalam Menyejahterakan Kehidupan Masyarakat Pada Siswa Kelas
V Sekolah Dasar , Tesis, Program Studi
Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Surabaya, Pembimbing (I) Prof. Dr. M.V.
Roesminingsih, M.Pd , dan Pembimbing (II) Dr. Harmanto, M.Pd .
Kata Kunci: Perangkat
Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Ket e rampilan Berpikir
Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk m endeskripsikan kelayakan , efisiensi , dan keefektifan multimedia
interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi
peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di kelas V sekolah
dasar. Metode yang dipakai
adalah Model Pengembangan Thiagarajan Four- D meliputi Define (Pendefinisian) , De sign (Perancangan) , Develop (Pengembangan) , dan Dis s eminate ( D iseminasi) . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Bahan Ajar, Tes
Hasil Belajar (THB), Observasi multimedia interaktif, Aktivitas dan Respon
Siswa. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya yang berjumlah 32 orang . Pengumpulan data
dilakukan melalui tes, observasi, dan validasi perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) P roses pengembangan multimedia interaktif menggunakan
model 4-D. Model 4-D terdiri atas 4 tahap yaitu tahap pendefinisian , perancangan, pengembangan , dan penyebaran ; (2) Kualitas produk pengembangan multimedia interaktif,
meliputi: (a) Kevalidan produk multimedia interaktif yang
dikembangkan adalah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran
berdasarkan penilaian dari para ahli ; (b) k epraktisan
produk multimedia interaktif sangat efisien (sangat praktis) berdasarkan
penilaian dari guru kelas ; (c) k eefektifan produk multimedia interaktif sangat baik
(sangat efektif) , b erdasarkan
respon siswa selama pembelajaran diperoleh persentase 94,8% (≥ 80%) kategori
sangat efektif ; (3) dengan multimedia interaktif mampu
m eningkatan
hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan
nilai derajat peningkatan ( Gain score ) sebesar
0,70 ( kategori tinggi) dilihat dari hasil belajar siswa.