PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI STUDI KASUS PERANCANGAN VISUAL UNTUK KELAS XI SMK NU GRESIK
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS WITH A PROBLEM BASED LEARNING APPROACH CASE STUDY MATERIALS ON VISUAL DESIGN FOR GRADE XI OF SMK NU GRESIK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan problem based learning pada mata pelajaran prinsip dasar desain yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas XI di SMK NU Gresik. Landasan yang digunakan dalam pengembangan mengembangkan bahan ajar yaitu menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk mengukur bahan ajar adalah angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan bahan ajar kepada siswa kelas XI di SMK NU Gresik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa bahan ajar pada mata pelajaran Prinsip Dasar dinyatakan Efektif dengan hasil uji N-Gain dinyatakan >76 yang termasuk cukup efektif.
The aim of this development research is to produce teaching materials with a problem based learning approach on the subject of basic design principles that are feasible and effective for use in the learning process of class XI students at SMK NU Gresik. The basis used in developing teaching materials is using ADDIE. The instrument used to measure teaching materials is a questionnaire validated by media experts and material experts to test the suitability of teaching materials for class XI students at SMK NU Gresik. This research resulted in the finding that the teaching materials in the Basic Principles subject were declared effective with the N-Gain test results stated to be >76 which is considered quite effective.