Pengembangan Audio Flipbook Materi Pubertas Pada Mata Pelajaran IPA Bagi Remaja Putri Tunanetra
Development of Audio Flipbook Puberty Material on Science Subjects for Visually Impaired Teenage Girls
Abstrak
Pembelajaran IPA materi pubertas memiliki manfaat agar peserta didik memiliki bekal dalam menghadapi masa pubertas, serta mengatasi perubahan-perubahan baik secara fisik dan psikis. Remaja putri tunanetra memiliki hambatan dalam menerima informasi secara visual, sehingga memerlukan media pembelajaran yang memudahkannya. Audio flipbook menjadi media pembelajaran bagi remaja putri tunanetra dalam mempelajari materi tentang pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan audio flipbook materi pubertas matapelajaran IPA bagi remaja putri tunanetra Fase D SMPLB A YPAB Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D Research and Development dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3D dengan tahapan define pendefinisian, design perancangan, dan development pengembangan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kelayakan dari para ahli validator dan uji kepraktisan dari praktisi pada produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan audio flipbook materi pubertas, berdasarkan penilaian: 1. Ahli materi dengan presentase 90,625 persen dengan kriteria sangat layak, 2. Ahli media dengan presentase 80,35 persen termasuk dalam kriteria layak, 3. Ahli bahasa dengan presentase 95 persen yang termasuk dalam kriteria sangat layak, 4. Praktisi dengan resentase 98,34 persen yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Implikasi audio flipbook dapat digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pubertas, meningkatkan pemanfaatan dan penggunaan teknologi bagi tunanetra, selain itu audio flipbook tidak hanya dapat digunakan oleh remaja putri tunanetra, akan tetapi juga pada remaja putri tipikal maupun remaja putri dengan hambatan lainnya.
Kata kunci Audio Flipbook, Materi Pubertas, Tunanetra
Abstract
Learning science material about puberty has the benefit that students have the provision to face puberty, and overcome changes both physically and psychologically. Visually impaired young women have obstacles in receiving information visually, so they need learning media that makes it easier for them. Audio flipbook is a learning media for blind young women in learning material about puberty. This study aims to produce an audio flipbook of puberty material for science subjects for blind young women in Phase D of SMPLB A YPAB Surabaya. The research method used is the R&D Research and Development research method with the 4D development model by Thiagarajan which is simplified into 3D with the stages of define, design, and development. The analysis technique used is the feasibility test of the validator experts and the practicality test of the practitioners on the developed product. The results showed that the audio flipbook of puberty material, based on the assessment 1. Material experts with a percentage of 90.625 percent with the criteria very feasible, 2. Media experts with a percentage of 80.35 percent included in the criteria feasible, 3. Linguists with a percentage of 95 percent included in the criteria very feasible, 4. Practitioners with a percentage of 98.34 percent which is included in the very feasible criteria. The implications of audio flipbooks can be used by educators in delivering puberty material, increasing the utilization and use of technology for the blind, besides that audio flipbooks can not only be used by blind young women but also in typical young women and young women with other obstacles.
Keywords Audio Flipbook, Puberty Material, Visually Impaire