Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dalam meningkatkan pembelajaran fisika yang ditinjau secara keseluruhan, model pembelajaran, jenjang pendidikan, materi, dan media yang digunakan. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis. Adapun alur penelitian meta-analisis adalah menentukan topik penelitian, menetapkan kriteria pemilihan data, mencari data, memvisualisasikan di VOSviewer, mengelompokkan informasi data, menghitung effect size, kemudian menganalisis data dan menyimpulkan. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu berupa 18 artikel publikasi ilmiah. Teknik analisis data menggunakan besaran effect size. Hasil meta-analisis ini menyimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis berpengaruh sangat tinggi dalam pembelajaran fisika dengan nilai effect size rata-rata sebesar 1.33 dan pengaruh sebesar 90%. Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika dapat berpengaruh besar apabila diterapkan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token, menggunakan pokok bahasan fluida statis, dan menggunakan media pembelajaran secara real berbantuan puzzle.
Kata kunci: Meta-Analisis, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Fisika
Critical-thinking skill is one of the 21st-century abilities that students must have. This study aimed to analyze the critical thinking abilities to improve physics learning that was reviewed: overall, learning model, education level, subject matter, and the media used. This research method used meta-analysis. The meta-analysis research stage was to determine the research topic, decide data selection criteria, search for data, visualize VOSviewer, classify data information, calculate the effect size, and then analyze the data and conclude. The data collection technique used secondary data from previous research of 18 scientific publication articles. The data analysis technique used the effect size. This meta-analysis concluded that critical-thinking skills significantly influence physics learning, with an average effect size of 1.33 and an influence of 90%. Critical thinking skills in learning physics can significantly affect vocational education with the cooperative-learning time-token type model, using the subject of static fluid, and assisted by real learning media using a puzzle.
Keywords : A Meta-Analysis, Critical-Thinking Skills, Physics Learning