INOVASI PRODUK PAPER CLAY LAYAK JUAL PADA ANAK SANGGAR ALANG – ALANG JOYOBOYO SURABAYA
INNOVATION OF PAPER CLAY PRODUCTS WORTH SELLING AT THE CHILDREN OF SANGGAR ALANG – ALANG SURABAYA
Sanggar alang-alang, beralamatkan dekat dengan tempat keramaian seperti Kebun Binatang Surabaya, Taman Bungkul, Terminal Jayabaya, dan Stasiun Wonokromo. Tempat yang strategis untuk dijadikan tempat berjualan. Maka pada kesempatan ini peneliti mengajak anak-anak sanggar untuk berkarya seni Paper clay sebagai inovasi produk cenderamata yang layak jual, dengan menggunakan paper clay karena lebih murah dan mudah didapat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan proses pembuatan paper clay untuk anak-anak Sanggar Alang–Alang Surabaya; (2) Mendskripsikan proses pembuatan karya dengan paper clay pada anak Sanggar Alang–Alang Surabaya; (3) Mendeskripsikan hasil karya dengan bahan paper clay oleh anak-anak Sanggar Alang–Alang Surabaya; (4) Mendeskripsikan kelayakan jual karya berbahan paper clay hasil dari anak-anak Sanggar Alang–Alang Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Pengumpulan data dilakukan dari hasil observasi, wawancara, dengan salah satu pengurus, dokumentasi serta angket kepada masyarakat untuk mengetahui penilaian kelayakan jual di masyarakat . Validasi data menggunakan metode triangulasi data untuk mengecek perbandingan dan kesesuaian antara observasi wawancara dokumentasi dan angket yang diperoleh saat proses penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa 1) anak-anak sanggar Alang-Alang mampu membuat paper clay dari awal menggunakan bahan bekas kertas surat kabar mulai proses sobek kertas, pencampuran bahan, hingga menjadi paper clay yang siap untuk dibentuk menjadi karya., 2) kemudian anak-anak sanggar Alang-Alang mampu membentuk karya inovasi produk paper clay layak jual dengan baik yang dimulai dari tahap pembentukan hingga ke tahap pemasangan besi gantungan kunci. 3) dan menghasilkan 20 karya dari 3 kelompok yang beranggotakan 2 kelompok 3 anggota 1 kelompok 4 anggota dengan hasil penilaian berdasarkan kriteria penilaian. Nilai 91-98 berjumlah 2 kelompok nilai 81-90 berjumlah 1 kelompok, 4) serta mendapatkan tanggapan yang sangat positif dan juga tanggapan kelayakan jual terhadap masyarakat sekitar Sanggar Alang-Alang.
Kata Kunci : Inovasi Produk, Paper Clay, Sanggar Alang-Alang
Sanggar alang-alang, addressed close to the place Crowds such as the Surabaya Zoo, Bungkul Park, Jayabaya Terminal, and Wonokromo Station. A place that Strategic to be used as a place to sell. So on This opportunity researchers invite the children of the studio to Paper clay artwork as a gift product innovation Which is worth selling, by using paper clay because it is more cheap and easy to get.
The purpose of this research is: (1) Describing the process of making paper clay for the children of Sanggar Alang-Alang Surabaya; (2) Describing the process of making works with paper clay for the children of Sanggar Alang-Alang Surabaya; (3) Describing the work with paper clay by the children of Sanggar Alang-Alang Surabaya; (4) Describing the feasibility of selling works made from paper clay from the children of Sanggar Alang-Alang Surabaya
This research method uses a qualitative type. with interview data collection techniques, observations, documentation, and questionnaires. Data collection is carried out from the results of observations, interviews with one of the Administrators, documentation and questionnaires to the public to find out the assessment of the feasibility of selling in the community. Data validation Using the data triangulation method to check the comparison and compatibility between the observation of the documentation interview and the questionnaire obtained during the research process
Based on the research results, it was found that 1) the children of the Alang-Alang studio were able to make paper clay from the start using used newspaper materials, starting from the process of tearing the paper, mixing the materials, until it became paper clay which was ready to be shaped into works., 2) Then the children of Alang-Alang studio were able to create innovative works of paper clay products that were worth selling well, starting from the formation stage to the stage of installing the iron key chain. 3) and produce 20 works from 3 groups consisting of 2 groups of 3 members and 1 group of 4 members with assessment results based on the assessment criteria. Values 91-98 amounted to 2 groups, values 81-90 amounted to 1 group, 4) and received a very positive response and also a response to the marketability of the community around Sanggar Alang-Alang.
Keywords: Product Innovation, Paper Clay, Sanggar Alang-Alang