EFEKTIVTAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA
Dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), terdapat beberapa permasalahan yang berpotensi menghambat jalannya pembelajaran. Hal itu disebabkan oleh guru PJOK yang masih kesulitan dalam pemilihan materi, kurangnya fasilitas pembelajaran PJOK, dan media pembelajaran yang digunakan cukup terbatas. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi efektivitas suatu kegiatan pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti aplikasi TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan media pembelajaran audio visual berbasis dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audio visual berbasis TikTok dalam pembelajaran PJOK di SMKN 1 Geneng. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMKN 1 Geneng Ngawi, yang letaknya di Jl. Geneng-Ngawi, Keniten II, Keniten, Kec. Geneng, Kab. Ngawi, Jawa Timur 63271. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dan teknik pengukuran untuk mengevaluasi hasil belajar dan angket untuk mengidentifikasi respon siswaterhadap media pembelajaran audio visual berbasis TikTok. Hasil tes kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik melalui Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Maan-Whitney, Uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data, pada penilaian kognitif dan psikomotor kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan sebab penilaian kognitif mendapatkan nilai Asymp. Sig 0.000 atau < 0.05, dan penilaian psikomotor mendapatkan nilai Asymp. Sig 0.028. Pada kelompok kontrol, penilaian kognitif mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan sebab nilai Asymp. Sig sebesar 0.000 dan penilaian psikomotor tidak mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan sebab nilai Asymp. Sig sebesar 0.097 atau > 0.05. Pada hasil perolehan nilai angket oleh siswa, medapat rata-rata presentase 77,1% atau masuk dalam kategori “Efektif”.
In Physical Education, Sports and Health (PJOK) subjects, there are several problems that have the potential to hinder the progress of learning. This is caused by PJOK teachers who still have difficulties in selecting materials, lack of PJOK learning facilities, and the learning media used is quite limited. hoosing the right learning media can influence the effectiveness of a learning activity. Along with the times and advances in technology, many social media can be used as learning media, such as the TikTok application. This research aims to determine differences in student learning outcomes after being given audio-visual based learning media and to determine the effectiveness of TikTok-based audio-visual learning media in PJOK learning at SMKN 1 Geneng. This research was carried out at the SMKN 1 Geneng Ngawi school, which is located on Jl. Geneng-Ngawi, Keniten II, Keniten, Kec. Geneng, Kab. Ngawi, East Java 63271. This research uses a quasi-experimental quantitative approach and measurement techniques to evaluate learning outcomes and a questionnaire to identify student responses to TikTok-based audio-visual learning media. The test results were then analyzed using statistical analysis through Descriptive Analysis, Normality Test, Maan-Whitney Test, N-Gain Test to determine the differences in learning outcomes between the pre-test and post-test. Based on the results of data analysis, the cognitive and psychomotor assessment of the experimental group experienced a significant increase because the cognitive assessment received an Asymp score. Sig 0.000 or <0.05, and the psychomotor assessment gets an Asymp value. Sig 0.028. In the control group, the cognitive assessment experienced a significant increase in learning outcomes due to the Asymp score. Sig is 0.000 and the psychomotor assessment does not experience a significant increase in learning outcomes because the Asymp value. Sig is 0.097 or > 0.05. In the results of the questionnaire scores obtained by students, they obtained an average percentage of 77.1% or were included in the "Effective" category.