Abstrak
Menulis buku harian dikenal berfungsi sebagai salah satu cara dalam mengarahkan siswa untuk terus menulis karena akan jauh lebih menarik. Semakin banyak mereka berlatih menulis, semakin baik mereka mengembangkan keterampilan menulis mereka. A. Hanan et al. (2015) mengklaim bahwa buku harian dikenal sebagai aktivitas menulis harian yang mencatat semua jenis aktivitas dalam satu hari. Hal ini diketahui secara pribadi ditulis oleh penulis. Dalam hal itu, ada banyak manfaat yang akan didapat guru ketika mereka mulai menggunakan menulis buku harian di kelas. Berhubungan dengan hal ini, peneliti akhirnya melakukan penelitian di mana itu mencakup bagaimana menulis buku harian dilaksanakan untuk mengajar siswa kelas sepuluh dalam menulis teks recount, bagaimana siswa melakukan keterampilan menulis mereka selama pelaksanaan penulisan buku harian, dan juga bagaimana siswa menanggapi penulisan buku harian itu. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan temuan yang dimulai dengan mengamati dan menganalisis proses belajar mengajar dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian peneliti mengumpulkan transkripsi dialog yang diekstrak dari pembicaraan antara siswa dan guru, dan pembicaraan di antara siswa dengan menggunakan catatan lapangan. Selain itu, untuk membenarkan kemampuan menulis siswa, peneliti menilai dan menganalisis komposisi siswa menulis teks recount dengan menggali ke dalam aspek konten, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa dan mekanik. Akhirnya, untuk mengetahui bagaimana para siswa merespon keberadaan penulisan buku harian di kelas, peneliti melakukan wawancara. Di sini, temuan menunjukkan bahwa: pertama-tama implementasi penulisan buku harian berjalan ke beberapa tahap memperkenalkan apa itu teks recount, menunjukkan bagaimana menghasilkan paragraf yang baik dan akhirnya menunjukkan langkah-langkah dalam menulis buku harian; kedua hampir setengah dari siswa dianggap penulis susu yang baik sementara sisanya membutuhkan lebih banyak latihan; dan terakhir setengah dari siswa menunjukkan reaksi positif terhadap pelaksanaan penulisan buku harian.
Kata kunci: penulisan buku harian, keterampilan menulis, teks recount.
Abstract
Diary writing is known to function as one of the ways in leading the students to constantly write since it should a lot more interesting. It takes a lot of practice to make their writing skill better. A. Hanan et al. (2015) claimed that writing a diary is known as a daily basis activity of writing in which it records all kinds of activities in one day. It is known that a diary is privately written by the author. In that case, there are lots of benefits that teachers will get when they start to use diary writing in a classroom. Due to that issue, the researcher finally conducted a research in which it covers how diary writing was implemented to teach tenth graders in writing recount text, how students performed their writing skill during diary writing’s implementation, and also how students responded to the diary writing’s implementation. To get the data, some steps were done by the researcher to get the findings which it started with by observing and analyzing the teaching and learning process using the observational sheet. Then the researcher collected the transcription of the dialogues extracted from the talk between students and the teacher, and the talk among students by using field notes. Moreover, to justify students’ writing ability, the researcher judged and analyzed students’ compositions of writing recount text by deeply exploring into the aspect of content, language use, organization, vocabulary, and mechanics. Finally, to know how the students responded to the existence of diary writing in the classroom, the researcher conducted an interview. Here, the findings showed that: first of all the diary writing's implementation went to some sort stages of introducing what recount text is, demonstrating how to produce a good paragraph and finally showing the steps in writing a diary; secondly, almost half of the students were considered to be good writers of dairy while the rest needed more practice; and lastly half of the students were showing positive reaction towards the implementation of diary writing.
Keywords: diary writing, writing skill, recount text.