ABSTRAK
Khakim,
Mukhammad Alfan. 2019 . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar IPS Kelas V di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan
Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof.
Dr. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
dan (2) Dr.
H. Agus Suprijono, M.Si.
Kata
kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Media Kartu Bergambar, Aktivitas, Hasil
Belajar
Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu bergambar, aktivitas,
dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN
Jajartunggal III/ 452 Surabaya . Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu
bergambar menuntut peserta didik
dan guru lebih aktif memahami materi, bermain kartu, mendiskusikan, dan
mempresentasikan hasil diskusi melalui langkah-langkah make a match sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas
V/b SDN Jajartunggal III/ 452 Wiyung Surabaya. Variabel yang dikaji dalam
penelitian adalah aktivitas guru, peserta didik, dan hasil
belajar kognitif peserta didik . Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, tes,
dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data berupa hasil observasi
aktivitas guru dan peserta didik diprosentase sedangkan tes dianalisis dengan
mencari ketuntasan peserta didik dan prosentase secara klasikal dalam
kelas.
Hasil penelitian tersebut meliputi, peningkatan aktivitas guru dari 73,96%
menjadi 85,42% menjadi 92,71% , aktivitas peserta didik meningkat dari 69,97% menjadi 80,47% menjadi 89,06% , peningkatan hasil belajar kognitif peserta
didik dari 61% menjadi 83% menjadi 89% , serta peningkatan keterampilan hasil belajar peserta
didik mendapatkan skor rerata N-gain 0,5 dengan kritera sedang menjadi 0,7 dengan kritera tinggi menjadi 0,8 dengan kritera tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu
bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V di Sekolah
Dasar .