Re-Design User Interface Website Jatim Travel Monitor Dengan Metode Design Thinking
Redesign User Interface of Jatim Travel Monitor Website with Design Thinking Method
Digital tourism yang terjadi pada sektor pariwisata Indonesia mampu mempromosikan berbagai destinasi dan potensi wisata melalui platform yang berbeda seperti website dan social media. Tidak hanya menonjolkan keindahan pariwisata, tetapi juga dapat menjangkau audiens secara luas untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Pariwisata Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang telah menerapkan digitalisasi dengan menerapkan digital tourism karena adanya lonjakan jumlah wisatawan pasca pandemi. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menginisiasi pembentukan platform online berupa mobile website bernama Jatim Travel Monitor yang bertujuan sebagai alat untuk memonitor aktivitas wisatawan yang ada di Jawa Timur. Namun pada implementasinya, tampilan websita Jatim Travel Monitor belum kompatibel untuk digunakan sebagai website wisata sehingga perlu adanya perancangan ulang pada website tersebut.
Tujuan perancangan ini adalah untuk mendeskripsikan konsep perancangan ulang user interface website Jatim Travel Monitor yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung wisata, menyusun proses perancangan menggunakan metode design thinking sehingga menghasilkan kebaruan desain, serta mendeskripsikan hasil usability testing dari penggunaan tampilan baru tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan metode perancangan design thinking oleh Hasso Plattner. Tahapan perancangan visual melibatkan design thinking dalam analisis data, perancangan desain, validasi kelayakan media dan materi, serta uji coba terhadap pengguna. Hasil uji coba dan validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa tampilan user interface ini layak dengan hasil nilai rata-rata 96,3% dan 65,8%.
Kata Kunci: User Interface, Design Thinking, Jatim Travel Monitor, Pariwisata Indonesia.
Digital tourism that occurs in the Indonesian tourism sector can promote various destinations and tourism potential through different platforms such as websites and social media. Not only does it highlight the beauty of tourism, but it can also reach a wide audience to increase the number of foreign tourists visiting Indonesia. East Java Tourism is one of the areas that has implemented digitalization by implementing digital tourism due to the surge in the number of tourists after the pandemic. The East Java Provincial Culture and Tourism Office initiated the formation of an online platform in the form of a mobile website called Jatim Travel Monitor which aims as a tool to monitor tourist activities in East Java. However, in its implementation, the appearance of the Jatim Travel Monitor website is not yet compatible for use as a tourism website so there is a need to redesign the website.
The purpose of this design is to describe the concept of redesigning the user interface of the Jatim Travel Monitor website in accordance with the needs of tourist visitors, compile the design process using the design thinking method to produce design novelty, and describe the results of usability testing from the use of the new look. The method in this research uses descriptive qualitative research and the design thinking method approach by Hasso Plattner. The visual design stages involve design thinking in data analysis, design design, media and material feasibility validation, and user testing. The results of trials and validation by experts show that this user interface is feasible with an average score of 96.3% and 65.8%.
Keywords: User Interface, Design Thinking, Jatim Travel Monitor, Indonesia Tourism.