Konstruksi Pedagang Kelontong Tentang Minimarket (Pasar Krukah, Ngagel Rejo, Kota Surabaya)
The Constructions of Grocery Traders about Minimarket (Pasar Krukah, Ngagel Rejo, Surabaya City)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh konstruksi pemikiran yang terbangun sejak berdirinya minimarket, bagi pedagang toko kelontong. Lokasi penelitian berada di Pasar Krukah, Ngagel rejo, Wonokromo, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis perspektif teori konstruksi sosial milik Peter L. Berger. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pedagang kelontong yang ada di Pasar Krukah, mengalami distrupsi dengan keadaan pra dan pasca beroperasinya minimarket. Minimarket bagi pedagang kelontong dianggap sebagai kawan maupun lawan. Keadaan tersebut juga memaksa pedagang kelontong saling solider dengan keadaan rekan sesama pedagang kelontong. Disatu sisi, mereka juga pelu mereproduksi strategi bisnis mereka, dalam upaya adaptasi terhadap kehadiran minimarket.
Kata Kunci : Pedagang kelontong, minimarket, konstruksisosial, dan strategi bisnis.
This study aims to determine how far the construction of thought that has been built since the founding of the minimarket, for grocery store traders. The research location was in Krukah Market, Ngagel Rejo, Wonokromo, Surabaya City. This study uses a qualitative approach using perspective analysis of Peter L. Berger's social construction theory. The results of this study indicate that grocery traders in the Krukah Market, are distracted by the pre- and post-minimarket operations. Minimarkets for grocery traders are considered friends and foes. The situation also forced grocery traders to solidify each other with the situation of fellow grocery traders. On one hand, they also need to reproduce their business strategy, in an effort to adapt to the presence of minimarkets.
Keywords: Groceries, minimarkets, social construction, and business strategy.