Fokus dari penelitian ini adalah investigasi bagaimana kemampuan paraphrase mahasiswa pascasarjana dalam menyusun thesis proposal mereka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya parafrase dalam penulisan akademik untuk menghindari plagiasi. Teknik parafrase yang digunakan, ketepatan isi parafrase dalam menyampaikan isi dari sumber informasi, dan faktor yang mempengaruhi originalitas parafrase adalah informasi yang akan digali dalam penelitian ini.
Penelitian ini terfokus pada parafrase yang ada di bab 2 dalam thesis proposal yang sudah melalui proses pengecekan plagiasi. Ada 10 bab 2 yang diteliti dalam penelitian ini. Dokumentasi dan interview adalah instrument yang digunakan dalam mengambil data. dokumentasi digunakan untuk mengetahu teknik parafrase yang digunakan dan menilai ketepatan parafrasenya. Sedangkan intervies digunakan untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan originalitas parafrase.
Mahasiswa Pascasarjana Bahasa Inggris menggunakan 5 tekhnik parafrase. (1) mengubah tata bahasa dan struktur kalimat, (2) mengubah kata, (3) mengubah struktur ide, (4) mengkombinasikan beberapa teknik, dan (5) menambahkan pemahaman. Berdasarkan kriteria parafrase yang baik, kemampuan mahasiswa pascasarjana dalam memparafrase termasuk cukup. Selanjutnya, ada dua faktor yang mempengaruhi originalitas parafrase, yaitu internal dan eksternal. Kemampuan membaca, pengetahuan dasar mengenai topik, dan kemampuan menulis termasuk dalam faktor internal. Tekanan untuk menunjukkan kemamuan yang lebih baik, manajemen waktu yang kurang baik, dan kurangnya kesadaran tentang plagiasi termasuk dalam faktor eksternal.
Kesimpulannya, kemampuan untuk memparafrase dalam penulisan akademik tetaplah menjadi hal penting di tingkat pendidikan pascasarjana. Hal ini berkaitan dalam kemampuan mendukung argumen mereka dengan teori atau penelitian terdahulu. Namun, beberapa peserta kurang tepat dalam menyampaikan isi sumber informasi dalam parafrase mereka. Ini membuktikan bahwa bahkan mahasiswa pascasarjana belum mampu menunjukkan pemahaman mereka dalam memparafrase sehingga ada isi sumber informasi yang belum tersampaikan di dalamnya.
Keywords: mahasiswa pascasarjana, parafrase, pemahaman
This research focused on investigating how advance English students perceive and practice their paraphrasing skills in academic paper (thesis proposal). This research conducted due to the importance of paraphrasing skills in academic writing as one of ways to avoid plagiarism. It focused on investigating techniques of paraphrasing which is mostly used by English graduate students; its accuracy of the paraphrasing in retaining the passage from source text; and causes of variation of paraphrase in term of its originality.
This research investigated English post graduate students’ paraphrases in the Chapter 2 of their thesis proposal which had already passed through plagiarism checker. There were ten review of related literature had been analysed. Documentation and interview are used as data collection technique of this study. Documentation was used to investigate the techniques used and its accuracy. Meanwhile, interview used in order to gain information related to the factor of paraphrasing variation in term of its originality.
English post graduate students use five kind of techniques of paraphrasing. Those are (1) changing grammar and structure, (2) changing words, and (3) changing structure of the idea (4) combining techniques (technique combination) and (5) adding interpretation. Furthermore, based on the criteria of appropriate paraphrasing, English post graduate students’ paraphrasing categorised as proficient. Moreover, there are two main factors behind the vary result of paraphrasing related to originality. Those are internal factor; reading comprehension level, background knowledge related to the topic, and second or foreign language writing ability, and the external factors; the pressure to prove competence, poor time management, and the lack of awareness related to plagiarism.
In conclusion, even in the higher education, ability to write academically still becomes an issue specifically in supporting the argument by paraphrasing. English post graduate students are lack in retaining all key points of the source text in their paraphrasing even failure in credited to original sources which in turn to be plagiarism detected. It shows they are as post graduate students still cannot outstandingly show their understanding within their paraphrasing.
Keywords: English post graduate students, paraphrasing, show understanding