ABSTRAK
INOVASI PELAYANAN LOWONGAN PEKERJAAN MELALUI PROGRAM “AYO KERJA” DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PENDUDUK PROVINSI JAWA TIMUR
Sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan publik, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang optimal berusaha memberikan inovasi baru terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya para pencari kerja yang mengeluhkan ketidaknyamanan dalam mendapatkan informasi lowongan kerja seperti : kurang validnya informasi yang ada, kurang jelasnya informasi lowongan pekerjaan, terbatasnya informasi lowongan pekerjaan. Oleh karena itu untuk menanggapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur membentuk inovasi pelayanan publik melalui Program “Ayo Kerja”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan inovasi yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur melalui Program “Ayo Kerja” dengan berlandaskan teori atribut inovasi dari Rogers yang dapat dilihat dari atribut relative advantage, compatibility, compleximity, triability, dan observability. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur melalui Program “Ayo Kerja” ini mendapatkan sambutan yang baik dari para pencari kerja walaupun dalam pelaksanaannya sendiri masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Program “Ayo Kerja” ini merupakan inovasi yang baru dan bisa mengikuti berkembangnya teknologi.
Pada atribut relative advantage menunjukkan bahwa para pencari kerja senang dengan adanya Program “Ayo Kerja” ini, selain merupakan inovasi yang baru, para pencari kerja juga merasa lebih mudah mengakses informasi lowongan kerja melalui online dan pasti sudah terbukti informasi yang diberikan valid. Atribut compatibility telah menunjukkan bahwa inovasi Program “Ayo Kerja” ini sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat, karena kurang jelas, tidak update informasi lowongan pekerjaan sudah tidak dirasakan oleh para pencari kerja yang mengunjungi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur. Compleximity pada prosedur dan mekanismepara pencari kerja tidak terdapat perubahan seperti melengkapi data diri, CV, justru pencari kerja hanya mengisi formulir yang sudah disediakan di online sehingga para pencari kerja dapat dengan mudah memahami pelaksanaan Program “Ayo Kerja” ini. Atribut triability ini masih perlu sedikit diperbaiki hal tersebut dapat dilihat dalam hal website yang loading sering dikeluhkan para pencari kerja, sedangkan atribut observability secara umum menunjukkan bahwa dengan adanya Program “Ayo Kerja” ini masalah-masalah yang banyak dikeluhkan pencari kerja tampak teratasi dengan baik, bahkan website sering loading saat dibuka menunjukkan antusias para pencari kerja menggunakan inovasi yang diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur ini. Secara umum inovasi ini dapat memberikan solusi terhadap permasalahan seperti lebih mudahnya mendapatkan informasi lowongan kerja yang terpercaya, dan cepatnya update lowongan pekerjaan terbaru melalui online, tetapi disisi lain muncul permasalahan baru dikarenakan website sering eror. Beberapa hal yang disarankan adalah dengan menambah fasilitas yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur, dan lebih memperhatikan layanan online seperti website yang sering eror.
Kata kunci : Inovasi, Pelayanan, Publik, Ayo Kerja.
ABSTRACT
SERVICE INNOVATION JOB VACANCIES THROUGH THE "AYO KERJA" PROGRAM IN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PENDUDUK PROVINSI JAWA TIMUR
As one of the government agencies engaged in public services, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur in order to realize optimal public services try to provide new innovations to the needs of the community, especially job seekers who complain of inconvenience in obtaining job information such as: lack of valid information available, lack of clarity of job vacancy information, limited job vacancy information. Therefore, in response to this, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur established an innovation in public services through the "Ayo Kerja" Program.
The purpose of this study is to describe the innovations that have been carried out by Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur through the "Ayo " Program based on Rogers' innovation attribute theory which can be seen from the attributes of relative advantage, compatibility, compleximity, triability, and observability. The research method used in this study is qualitative descriptive. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results show that public service innovations that have been carried out by Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur through the "Ayo Kerja" Program received a good response from job seekers even though there are still some shortcomings in its own implementation. This "Ayo Kerja" program is a new innovation and can follow the development of technology. The attribute of relative advantage shows that job seekers are pleased with the "Ayo Kerja" Program, besides being a new innovation, job seekers also find it easier to access job information through online and it must be proven that the information provided is valid. The compatibility attribute has shown that the "Ayo Kerja" Program innovation is in accordance with what is needed by the community, because it is not clear, no job vacancy information has been updated by job seekers who visit Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur. Compleximity on procedures and mechanisms of job seekers there are no changes such as completing personal data, CV, precisely job seekers only fill in the forms already provided online so that job seekers can easily understand the implementation of the "Ayo Kerja" Program. This triability attribute still needs to be improved a little. It can be seen in the case that loading websites are often complained of by job seekers, while observability attributes generally indicate that with the "Ayo Kerja" Program many problems complained of by job seekers seem to be resolved well, even websites often loading when opened show enthusiastic job seekers using innovations provided by Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur. In general, this innovation can provide solutions to problems such as easier access to reliable job information, and the rapid update of the latest job vacancies online, but on the other hand new problems arise because the website often errors. Some of the things suggested are by adding existing facilities in Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur, and paying more attention to online services such as websites that are often erroneous.
Keywords: Innovation, Service, Public, Ayo Kerja