Indriyani , Nuraida . 201 9 . Pengaruh
Penggunaan Media Permainan Boy-boyan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SDN Bancelok II
Jrengik – Sampang . Tesis,
Progra m Studi Pendidikan Dasar, Program
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya . Pembimbing (1) Prof. Dr. Maria Veronika Roesminingsih,
M.Pd. , dan
(2) Dr. Ari Wahyudi, M.Si .
Kata
Kunci : Media permainan Boy-boyan,
aktivitas, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) pengaruh penggunaan media permainan boy-boyan
terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar dan (2)
pengaruh penggunaan media permainan boy-boyan
terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar. Sampel
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Bancelok II Jrengik – Sampang yang
berjumlah 32 anak. Penelitian ini berfokus pada mata pelajaran IPS dengan
materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV semester II tahun
ajaran 2018-2019.
Jenis penelitian ini yaitu Pre-experimental
design , dengan pendekatan kuantitatif,
dan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest
Design. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi
lembar observasi aktivitas belajar, dan lembar tes hasil belajar siswa.
Adapun untuk teknik analisis data menggunakan analisis statistik persentase dan
uji t-test .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dari media permainan boy-boyan pada materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku
terhadap aktivitas siswa kelas IV yang ditunjukkan dengan perolehan nilai
signifikansi untuk hasil persentase pretest
aktivitas siswa dengan rata-rata yaitu sebesar 7,75%, sedangkan nilai
signifikansi untuk hasil persentase posttest
aktivitas siswa dengan rata-rata yaitu sebesar 10,90%. Sedangkan untuk
hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media
permainan boy-boyan pada materi
keragaman suku bangsa dan agama di negeriku yang ditunjukkan dengan thitung 13,456
(df 30) > ttabel 2,02382 (df 30) dan nilai sig. (2-failed) 0,000
< 0,005 . Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar siswa
sebelum diberikan perlakuan. Jadi,
penggunaan media permainan boy-boyan dalam
proses pembelajaran
IPS mempunyai pengaruh yang positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa : (1) ada pengaruh penggunaan media permainan boy-boyan terhadap aktivitas siswa pada
pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar dan (2) ada pengaruh penggunaan media
permainan boy-boyan terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar