ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP BERBANTUAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE PEMANASAN GLOBAL
ANALYSIS OF ARGUMENTATION SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT ASSISTED WITH SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE OF GLOBAL WARMING
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas keterampilan argumentasi siswa SMP dengan menggunakan bantuan artikel Socio-Scientific Issues pada materi pemanasan global. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian cross-sectional survey design dengan one-shot survei atau tes. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VII SMPN 62 Surabaya yang telah menerima materi pembelajaran pemanasan global. Pengumpulan data didasarkan pada teknik random sampling menggunakan instrumen tes uraian dengan artikel SSI. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis yang bersifat statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan argumentasi siswa masih berada pada level 1 dan level 2. Berdasarkan indikator argumentasi menurut Toulmin’s Argumentation Pattern kemampuan argumentasi siswa secara keseluruhan masuk kategori kurang, dengan persentase rata-rata 57,33% dengan paparan tiap aspek argumentasi, aspek claim dalam kategori cukup dengan besar persentase rata-rata 63,33%, aspek data dalam kategori kurang dengan persentase rata-rata sebesar 58,88%, aspek warrant dalam kategori kurang dengan persentase rata-rata sebesar 58,88%, aspek backing dalam kategori kurang dengan persentase rata-rata sebesar 54,44%, dan aspek qualifier dalam kategori kurang dengan persentase rata-rata sebesar 51,11%. Keterampilan argumentasi tertulis siswa kelas VII SMP Negeri 62 Surabaya masih tergolong masih rendah.
Kata Kunci : Argumentasi, Socio-Scientific Issue, Pemanasan Global
This study aims to analyze the quality of argumentation skills of junior high school students using the help of Socio-Scientific Issues articles on global warming material. This study adopted a cross-sectional survey design research method with a one-shot survey or test. This study involved 30 seventh grade students of SMPN 62 Surabaya who had received learning materials on global warming. Data collection is based on random sampling technique using a description test instrument with SSI articles.The data analysis technique used in this research is descriptive statistical analysis. The results showed that the quality of students' argumentation skills was still at level 1 and level 2. Based on the argumentation indicators according to Toulmin's Argumentation Pattern, the overall student's argumentation ability was in the poor category, with an average percentage of 57.33% with exposure to each argumentation aspect, claim aspect. in the sufficient category with an average percentage of 63.33%, the data aspect in the less category with an average percentage of 58.88%, the warrant aspect in the less category with an average percentage of 58.88%, the backing aspect in the less with an average percentage of 54.44%, and the qualifier aspect in the less category with an average percentage of 51.11%. The written argumentation skills of seventh grade students of SMP Negeri 62 Surabaya are still relatively low
Keywords : Argumentation, Socio-Scientific Issue, Global Warming