Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang
The Implementation Of Self Instruction Techniques To Improve The Self Esteem Of Class XI Students In State 1 Ketapang
ABSTRAK
PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KETAPANG
Nama : Azzah Nurlaila
NIM : 16010014019
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Budi Purwoko.,M.Pd
Self esteem adalah sikap yang dimiliki seorang individu dalam memahami dirinya sendiri yang meliputi kepuasan terhadap diri sehingga dapat menerima dan menghormati dirinyayang meliputi fisik, sosial, dan kinerjanya. Berdasarkan hasil pretest terdapat empat orang siswa yang memiliki self esteem rendah di SMA Negeri 1 Ketapang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang.
Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self esteem. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa yang memiliki tingkat self esteem paling rendah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji tanda (paired sample t test) yaitu menganalisis perubahan data sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik self instruction. Berdasarkan hasil skor subyek NE mengalami peningkatan sebanyak 67, subyek AR sebanyak 94, subyek MR sebanyak 79 dan subyek RA sebanyak 93. Pada hasil uji tanda keempat subyek mengalami peningkatan (+). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang.
Kata Kunci : Self esteem, teknik self instruction,
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF SELF INSTRUCTION
TECHNIQUES TO IMPROVE THE SELF ESTEEM OF CLASS XI
STUDENTS IN STATE 1 KETAPANG
Name : Azzah Nurlaila
Registration Number : 16010014019
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Budi Purwoko., M.Pd
Self-esteem is an attitude possessed by an individual in understanding himself which is includes satisfaction with himself so that he can receive and respect himself along with his physical, social, and performance. Based on the results of the pretest, there were four students who had low self-esteem in SMA Negeri 1 Ketapang. The purpose of this study was to determine the implementation of self-instruction techniques to improve the self esteem of class XI students in SMA Negeri 1 Ketapang.
The research model that used in this study is the pretest posttest design. The measuring instrument used in this study was a self-esteem questionnaire. The subjects in this study were four students who had the lowest level of self-esteem. This study uses a data analysis technique of sign test (paired-sample t-test), namely analyzing changes in data before and after being given treatment using self-instruction technique. Based on the results of the NE subjects score increased by 67, AR subjects 94, MR subjects 79 and RA subjects 93. On the test results, the four subjects showed an increase (+). From these results, it can be concluded that the implementation of self-instruction technique can improve the self esteem of class XI students in SMA Negeri 1 Ketapang.
Keywords: Self-esteem, self-instruction technique