Identitas Membaca Mahasiswa dalam Program Membaca Ekstensif Menggunakan Xreading
University Students’ Reading Identity in Extensive Reading Program Using Xreading
Penelitian ini menyelidiki implementasi program membaca ekstensif online melalui platform Xreading dan persepsi siswa EFL terhadap platform membaca ekstensif ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa kelas A dan B Sastra 2020 Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi identitas membaca mahasiswa EFL pasca program Xreading, untuk menjelaskan bagaimana fitur Xreading membentuk identitas membaca mahasiswa EFL, dan untuk menjelaskan perspektif yang lebih baik tentang bagaimana mahasiswa EFL mempertahankan praktik membaca mereka setelah menyelesaikan program Xreading. Kemudian wawancara dan dokumen siswa dari Xreading digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui tiga langkah: (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Temuannya adalah sebagai berikut: (1) Kenikmatan membaca, frekuensi membaca, dan tujuan membaca siswa dapat membantu siswa memposisikan dirinya sebagai pembaca yang baik atau pembaca yang buruk. (2) Fitur-fitur yang disediakan oleh platform Xreading dapat dengan mudah membuat siswa memilih buku yang disukainya sebagai sarana pembentukan identitas membaca siswa sebagai pembaca yang baik atau pembaca yang buruk. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur-fitur di Xreading dianggap tidak memberikan dampak langsung terhadap identitas pembaca. Sebaliknya, fitur-fitur tersebut lebih berfungsi sebagai keterjangkauan yang dapat memfasilitasi pembaca untuk mengembangkan praktik membaca mereka. (3) siswa mempunyai beberapa strategi untuk mempertahankan kebiasaan membaca ekstensif setelah program membaca ekstensif online seperti: menciptakan ruang membaca yang nyaman untuk menjaga suasana hati dan pikiran saat membaca, menciptakan waktu membaca sendiri untuk menyesuaikan waktu membaca dengan aktivitas lain, menetapkan tujuan membaca untuk menumbuhkan minat membaca, dan bergabung dengan klub buku. Bagi peneliti selanjutnya yang berminat melakukan observasi serupa disarankan juga untuk mempertimbangkan hasil penelitian yang lebih luas.
This study investigated the implementation of online extensive reading program through Xreading platform and EFL students’ perceptions of this extensive reading platform. The method employed in the study was a qualitative design. The participants of this study were students from Literature-2020 A and B classes, Universitas Negeri Surabaya.
This study aimed to explore EFL university students’ reading identity post Xreading program, to explain how the features of Xreading shape the reading identities of EFL university students, and to explain better perspective of how EFL university students maintain their reading practices after finishing Xreading program. Then, an interview and students’ document of Xreading were utilized as the instrument to collect the data in this study. The data in this study were analyzed by three steps: (1) data condensation, (2) data display, and (3) conclusion.
The findings are as follows: (1) Reading enjoyment, reading frequency, and students' reading goals can help students position themselves as good readers or poor readers. (2) The features provided by the Xreading platform can easily make students choose books that they like as a means of forming students' reading identities as good readers or poor readers. But, it is important to note that the features in Xreading are not considered to give a direct impact on reader identity. Instead, the features serve more as affordances that can facilitate readers to develop their reading practices. (3) students have several strategies to maintain their extensive reading habits after the online extensive reading program such as: create a comfortable reading space to maintain their mood and thoughts while reading, creating their own reading time to fit their reading time in with other activities, setting their reading goals for fostering their interest in reading, and joining a book club. For the further researcher interested in doing similar observations are also recommended to be considered for broader results of the research.
Keywords: Reading Identity, Online Extensive Reading, Xreading