PENGEMBANGAN MEDIA GARUDA ADVENTURE MATERI KEBERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF GARUDA ADVENTURE MEDIA MATERIAL UNITY IN DIVERSITY IN FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang dapat digunakan sebagai alat bantu atau bahan ajar pendamping untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Untuk itu dalam membuat atau menciptakan suatu media pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dibuat semenarik mungkin agar siswa semakin senang, aktif dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan atau diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengembangan media garuda adventure materi kebersatuan dalam keberagaman pada siswa kelas IV SD, dan (2) Mengetahui kevalidan dan kelayakan media garuda adventure untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall namun peneliti membatasi hanya pada 5 tahap penelitian yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan, dan (5) Revisi akhir atau penyempurnaan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Data hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 91,67% dan 86,36% sehingga media dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan, (2) Data yang diperoleh dari uji coba lapangan terbatas melalui penilaian angket oleh siswa dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 90,10%, sehingga media dinyatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, dan (3) Data dari hasil observasi atau pengamatan siswa selama menggunaan media garuda adventure dikategorikan baik dengan persentase sebesar 85% sehingga diketahui siswa menjadi aktif selama menggunakan media garuda adventure.
Kata Kunci: media pembelajaran, garuda adventure, dan kebersatuan dalam keberagaman
Learning media is one of the things that can be used as a tool or assistant teaching material to support success in the learning process. For this reason, the learning media must be adjusted to the needs of students and made as attractive as possible so that students are increasingly happy, active and easily understand the material delivered by the teacher. The purpose of this study is: (1) Knowing the development of garuda adventure media material in diversity in class IV elementary school students, and (2) know the validation and feasibility of garuda adventure media when applied or used in the learning process. The research method used in this study uses the research and development model of Borg and Gall but researchers limit only 5 stages of research, namely: (1) Research and Data Collection, (2) Planning, (3) Development of Product Draft, (4) Field Trials, and (5) Final Revisions or Fulling. The results showed that: (1) Data on the validation of materials by material experts and media experts categorized is very good with a percentage of 91,67% and 86,36% so the media is declared valid and feasible to be tested (2) Data obtained from limited field trials through questionnaire assessments by students are categorized as very well with a percentage of 90.10% so the media is declared feasible to be applied in learning, and (3) Data from the results of observations of students while using garuda adventure media are categorized good with a percentage of 85% so it is known that students become active while using garuda adventure media.
Keywords: learning media, garuda adventure, and unity in diversity