PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA MAHASISWA TERINTEGRASI LITERASI STATISTIS BERBASIS EPUB (ELECTRONIC PUBLISHING)
The Development of Statistic Instructional Materials for Integrated Student about Electronic Publishing Based Statistical Literacy
Ratnawati, Oktaviana Ainun. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Statistika Mahasiswa Terintegrasi Literasi Statistis Berbasis EPUB (Electronic Publishing). Tesis, Pascasarjana S-2 Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya . Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Statistika, Literasi Statistis, EPUB
Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri, up to date, mudah dicerna dan dirancang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Perkembangan statistika juga menuntut para mahasiswa untuk melek (literate), literasi statistis dapat diajarkan meskipun peserta didik tidak memiliki latar belakang kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar statistika terintegrasi literasi statistis berbasis EPUB yang valid, praktis, dan efektif serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dari hasil postest. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Develop (R&D) dengan model pengembangan tipe ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 53 mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Palangkaraya dan 41 mahasiswa program studi PGSD di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar evaluasi, angket respon, dan tes literasi statistis. Proses pelaksanaan sepenuhnya dilaksanakan secara daring/online. Analisis data menggunakan uji T dan uji N-Gain. Proses dan hasil pengembangan bahan ajar yang diperoleh sebagai berikut: (1) Bahan ajar yang dikembangkan memuat literasi statistis dan berbasis multimedia yaitu EPUB (2) Rata-rata kevalidan yang diperoleh dari penilaian validator sebesar 89,42% sangat valid. (3) rata-rata presentase respon mahasiswa terhadap bahan ajar terintegrasi literasi statistis berbasis EPUB sebesar 89,82% secara keseluruhan bahan ajar berada pada kategori sangat praktis. (4) ketuntasan belajar mahasiswa mencapai 80,76%, terdapat 30 mahasiswa tuntas dari 31 mahasiswa UPR dan ketuntasan belajar mahasiswa mencapai 78, 80%, terdapat 22 mahasiswa UMPR tuntas dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan EPUB efektif. (5) Selanjutnya, perbedaan yang signifikan terlihat dari Universitas Palangkaraya (UPR) rata-rata postest kelas eksperimen=84,23 sedangkan posttest kelas kontrol=61,23. Artinya, hasil postest kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil postest kelas kontrol dengan selisih sebesar 23 dan hasil dari N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 56,3% sedangkan kelas kontrol hanya 4,24%. Sedangkan, perbedaan yang signifikan juga terlihat dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) rata-rata dari posttest kelas eksperimen=78,14 sedangkan posttest kelas kontrol=63.00. Artinya, hasil postest kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil postest kelas kontrol dengan selisih sebesar 15,14 dan hasil dari N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 56% sedangkan kelas kontrol hanya 10%.
Abstract
Good instructional materials are arranged systematically and they enable students to learn independently, up to date, easily digestible and designed in accordance with the applicable curriculum. This research aimed to determine the process and results of the development of integrated statistical instructional materials EPUB-based statistical literacy properly (valid, practical, and effective) and to determine whether there were significant differences between the pretest-posttest results. The type of research used was Research and Development (R&D) with the ADDIE type development model. The subjects in this research were 53 students of the mathematics education study program at Universitas Palangkaraya (UPR) and 41 students of the PGSD study program at Universitas Mushammadiyah Palangkaraya (UMPR). Data analysis used T-test and N-Gain test. The research results obtained were as follows: (1) The instructional materials developed contained statistical literacy and multimedia based, namely EPUB (2) The average validity obtained from the validator's assessment was 89.42% very valid of 89.42% (3) The average percentage of student responses to EPUB-based statistical literacy integrated instructional materials was 89.82%. Overall, instructional materials were in the very practical category. (4) student learning completeness reached 80.76%, there were 30 of 31 UPR students completed and student learning completeness reached 78, 80%, there were 22 UMPR students completed and it can be concluded that the use of EPUB was effective. (5) Furthermore, a significant difference can be seen from the UPR average of the experiment class posttest was 84.23 while the posttest control class was 61.23. It means that the post-test results of the experiment class were higher than the post-test results of the control class with a difference of 23 and the result of the N-gain score for the experiment class is 56.3% while the control class is only 4.24%. Meanwhile, a significant difference can also be seen from the average UMPR of the posttest experiment class was 78.14 while the posttest control class was 63.00. It means that the post-test results of the experiment class were higher than the post-test results of the control class with a difference of 15.14 and the results of the N-gain score for the experiment class are 56% while the control class was only 10%.
Keywords: Electronic Publishing, Statistical Literacy, Development.