MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK SELAMA KEGIATAN PLP SECARA DARING
STUDENTS' INTEREST IN ONLINE PJOK LEARNING DURING SCHOOL FIELD INTRODUCTION (PLP)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang terjadi, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring sesuai dengan peraturan yang ditetapkan untuk melakukan pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat belajar Pembelajaran PJOK selama Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang dilakukan secara daring untuk kelas X di SMA Negeri 14 Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa terhadap pembelajaran PJOK yang dilakukan selama daring. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu survey. Jumlah butir soal yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 18 butir soal yang akan dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X berjumlah 69 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan Google Form dengan skala likert yang dibagikan langsung kepada responden. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan SPSS versi 26 dengan dilakukan teknik perhitungan uji deskriptif sehingga menghasilkan nilai rata-rata 64,37 yang akan dibagi menjadi 5 kategori, hasil yang diperoleh yaitu 4 siswa dengan kategori sangat tinggi (8%), 39 siswa masuk dalam kategori tinggi (62%), 25 siswa masuk dalam kategori sedang (30%), dan 1 siswa masuk dalam kategori sangat rendah (1%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK secara daring (dalam jaringan) selama kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMA Negeri 14 Surabaya termasuk dalam kategori tinggi (62%).
Kata Kunci: Minat, Daring, PJOK
This research was motivated by the pandemic conditions that occurred, where learning was carried out online by following the regulations set for conducting online PJOK learning. This study aimed to evaluate students' interest in online PJOK learning during School Field Introduction (PLP) for the tenth grade at SMA Negeri 14 Surabaya. The writer conducted this research to dig into students' interest in online PJOK learning. This study used a quantitative approach with data collection techniques, namely surveys. The number of questions used in this study was 18 questions divided into two factors; intrinsic and extrinsic factors. The population used in this study was the tenth grade, with a total of 69 students. The writer used data collection techniques in the form of a Likert scale Google Form questionnaire that was distributed directly to the respondents. The data obtained were then processed using SPSS version 26, with a descriptive test calculation technique. The average value came out as 64,37 which was divided into five categories; 4 students with a 'Very High' category (8%), 39 student in the 'High' category (62%), 25 students in the 'Medium' category (30%), and one students in the 'Very Low' category (1%). Thus the writer concludes that online PJOK learning during School Field Introduction (PLP) activities at SMA Negeri 14 Surabaya is in the (62%) 'High' category.
Keywords: Interest, Online, PJOK