Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar Matematika pada siswa kelas VIII.
The Relationship Between Self-Efficacy and Mathematics Learning Achievement in Grade VIII Students.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Self-Efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan keseluruhan 37 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik correlation product moment dengan bantuan IBM SPSS STATISTICS guna mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil dari analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.674 dari p>0.05 yang menandakan tidak ada hubungan signifikan antara variabel Self-Efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII. Hasil pada uji koefisien korelasi sebesar r=-0. 071 yang menunjukkan kategori korelasi sangat rendah dan mengarah pada hubungan yang negatif atau saling bertolak belakang antara kedua variabel. Berdasarkan perolehan hasil olah data, maka hipotesis “terdapat hubungan antara variabel self-efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII” tidak dapat diterima. Kata kunci : self-efficacy, prestasi belajar, siswa.
This research was conducted to determine the relationship between Self-Efficacy and mathematics achievement in class VIII students. Quantitative method used in this research. Sampling in this study used a saturated sample technique with a total of 37 students. This study uses the product moment correlation technique with the help of IBM SPSS STATISTICS to determine the relationship between the two variables. The results of the data analysis obtained a significance value of 0.674 from p> 0.05 which indicates that there is no significant relationship between the Self-Efficacy variable and mathematics learning achievement in class VIII students. The results on the correlation coefficient test are r = -0. 071 which shows a very low correlation category and leads to a negative or contradictory relationship between the two variables. Based on the results of data processing, the hypothesis "there is a relationship between self-efficacy variables and mathematics achievement in class VIII students" cannot be accepted.
Key word : self-efficacy, academic achievement, students