Mengembangkan Game LeVo Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Siswa SMP
Developing LeVo Game as Media Vocabulary Learning for Junior High School Students
Pada masa era perkembangan ini, Bahasa Inggris telah menjadi salah satu Bahasa yang cukup sering digunakan di setiap daerah. Bahasa Inggris pun telah menjadi sarana penghubung antara suatu negara. Pembelajaran dalam Bahasa Inggris kepada anak anak sangatlah penting untuk melahirkan suatu generasi yang lebih baik. Terutama dalam bidang kosakata yang di mana sangatlah diperlukan agar anak anak dapat mengetahui apa arti dari kata tersebut. Namun, sangat disayangkan tidak semua guru dapat memberikan suasana pembelajaran yang mendukung. Menciptakan suasana yang baik sangat diperlukan untuk meraih hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran kosakata untuk anak anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang media yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). LeVo dapat digunakan oleh siswa kelas 7 jenjang SMP untuk meningkatkan kosakata yang mereka miliki. Dalam pengembangan LeVo, peneliti menggunakan sebuah metode yang disebut Design and Development Research. Pengambilan data untuk media LeVo menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 7 dan berasal dari sekolah yang berbeda di Surabaya. Sebelum LeVo di uji coba, LeVo telah mendapatkan pengesahan dari para ahli media. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LeVo berhasil menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Meski seperti itu, dalam uji coba masih terdapat beberapa siswa memiliki kesulitan pada saat menyelesaikan LeVo. Sebagai kesimpulan, LeVo terbukti memenuhi kebutuhan siswa untuk menambah pembelajaran kosakata. Implikasi dari penelitian ini dipertimbangkan agar pendidik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media
During this development era, English has become one of the languages spoken quite often in every region. Unfortunately, not every teacher can provide a supportive learning atmosphere. At the same time, creating a good atmosphere is essential to achieve maximum learning outcome. Therefore, the researcher developed a vocabulary learning media for the children. This study aims to provide an overview of one of the media used for learning activities at the junior high school level. LeVo can be used by students in seventh graders to enhance their vocabulary mastery. The researcher utilized Design and Development Research as a research method in the development of LeVo game. The study was using a qualitative descriptive method to collect the data. The respondents in this research were seventh graders from various school in Surabaya. Respondents were collected to examine the practicality and doability of the game. The experts had validated LeVo before the media were tested. Experts validated that the game had good picture, manageable level of difficulty, cara lor and images suitable for users. The result of this study concluded that LeVo has succeeded in attracting students' interest in learning English. Even so there were still some students experienced a difficulty when playing LeVo. In conclusion, LeVo has been shown to meet students’ need to enhance their vocabulary. The implication of this research is to help EFL teachers to create an attractive learning atmosphere using the media using LeVo game.