Tindak Tutur Komisif dalam Visual Novel Atri
Commissive Speech Acts in Visual Novel Atri
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk tindak tutur komisif dan maknanya dalam Bahasa Jepang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah visual novel berjudul “Atri” yang merupakan game yang dirilis dari merek ANIPLEX.EXE, dirilis pada 19 Juni 2020 di Steam dan DMM Games. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk tindak tutur yang ada di visual novel “Atri” dan bagaimana makna tindak tutur komisif yang terdapat didalam visual novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori milik Searle (1979:8). Ditemukan hasil penelitian sebanyak sembilan data. Dari total sembilan data yang ditemukan, satu diantaranya menggunakan tuturan langsung berbentuk monolog dan delapan lainnya merupakan tuturan langsung melalui dialog. Di dalamnya terdapat beberapa macam bentuk tindak tutur komisif, yaitu: berjanji, sumpah, kontrak, menjamin, bersumpah dan merangkul.
Kata kunci: komunikasi, tindak tutur komisif, Atri
This research aim to explain the types of commissive speech acts and it’s meaning in Japanese Language. Data source used in this research is visual novel entitled “Atri” that released by ANIPLEX.EXE on June, 19th 2020 on Steam and DMM Games. Problem researched on this article are what types of speech acts in visual novel “Atri” and what meaning of speech act in those visual novel. This research used descriptive qualitative method. Searle’s (1979:8) theory is used as main theory. The results found in this research are nine data of commissive speech acts. From those results, one of them is direct speech through monologue and the other eight are direct speech through dialogue. Also there are some type of commissive speech acts in those results, which are: promises, swear, contract, ensure, vow, and embrace.
Keywords: communication, commissive speech acts, Atri