Learner autonomy of EFL university students in Extensive Reading program using Xreading
Otonomi pembelajar siswa yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa Asing pada program membaca ekstensif menggunakan Xreading
Banyak penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa program membaca ekstensif sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembelajaran siswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya juga mengungkapkan bahwa program membaca ekstensif dapat mendukung keberhasilan kemandirian siswa dalam pembelajaran bahasa. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki Otonomi Pelajar mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dalam program membaca ekstensif menggunakan Xreading, kemampuan fitur Xreading yang mempromosikan Otonomi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dalam pembelajaran bahasa, dan persepsi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris sebagai pembelajar mandiri melalui konseptualisasi mereka tentang Otonomi Pembelajar dalam program membaca ekstensif menggunakan Xreading.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terbuka. Kemudian, partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 jurusan Sastra Inggris, dua puluh sembilan mahasiswa dari kelas 2020A dan dua puluh lima mahasiswa dari kelas 2020B, yang sedang mengambil program membaca ekstensif menggunakan Xreading di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Sastra Inggris yang terlibat dalam penelitian ini memiliki konseptualisasi mereka sendiri mengenai Otonomi Pembelajar sehingga mereka mengonseptualisasi Otonomi Pembelajar dengan bermacam-macam seperti belajar secara mandiri, belajar sesuatu sendiri, belajar secara individu, belajar sesuatu tanpa bantuan orang lain, tanggung jawab seorang siswa untuk belajar, dan tanggung jawab seorang pembelajar untuk bertanggung jawab atas pembelajaran. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Sastra Inggris yang terlibat dalam penelitian ini berpendapat bahwa kebermanfaatan fitur-fitur Xreading dapat berguna dalam memfasilitasi program membaca ekstensif mahasiswa seperti bahan bacaan, koleksi buku, genre buku, mendengarkan audio tanpa membaca, meningkatkan keterampilan pengucapan dan mendengarkan, membaca buku dari berbagai penerbit, dan lain-lain. Terakhir tapi tidak kalah penting, temuan penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mahasiswa jurusan Sastra Inggris yang terlibat dalam penelitian ini berpendapat bahwa Xreading dapat membantu program membaca ekstensif mereka terutama dalam tiga elemen Otonomi Pembelajar yaitu memulai pembelajaran, memantau pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran sehingga dapat mendukung mereka menjadi pembelajar yang mandiri.
Many previous studies have proven that extensive reading program is essential for supporting the success of EFL students’ language learning. Furthermore, several previous studies also revealed that extensive reading program can support the success of EFL students autonomy in language learning. This study is aimed at investigating Learner Autonomy of EFL university students in extensive reading program using Xreading, the affordances of Xreading features that promote EFL university students’ autonomy in language learning, and EFL university students’ perceptions as autonomous learners through their conceptualization of Learner Autonomy in extensive reading program using Xreading.
This study applied a case study of qualitative research design while the data collecting technique used in this study was an open-ended questionnaire. Besides, the participants in this study were undergraduate EFL students majoring in English Literature, twenty nine students from class of 2020A and twenty five students from class of 2020B, who are currently taking extensive reading program using Xreading at the English Department in Universitas Negeri Surabaya.
The results of this study shows that EFL students majoring in English Literature involved in this study had their own conceptualization of Learner Autonomy as they conceptualize Learner Autonomy variously which are learning independently, learning something by themselves, learning individually, learning something without other people’s help, a student’s responsibility for learning, and a learner’s responsibility to take charge of learning. In addition, the finding of this study shows that EFL students majoring in English Literature involved in this study argued that the affordances of the features of Xreading can be useful in facilitating EFL students’ extensive reading program such as reading materials, book collection, genres of books, listening to the audio without reading, improving pronunciation and listening skill, reading books from various publishers, and others. Last but not least, the finding of this study also reveals that EFL students majoring in English Literature involved in this study argued that Xreading can be helpful for their extensive reading program especially in the three elements of Learner Autonomy which are initiating learning, monitoring learning, and evaluating learning so that it can support them to be autonomous learners.