Semiotika Roland Barthes pada Poster Tema "Demokrasi" Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya
Semiotics of Roland Barthes on Democracy Theme Posters by Student of Class VIII SMP Negeri 9 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna denotasi, makna konotasi, dan mitos atau budaya dari tanda semiotik yang muncul dalam poster tema demokrasi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Signifikasi dilakukan dengan cara mendeskripsikan tanda (sign) yang muncul dalam poster menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yaitu signifikasi denotasi dan konotasi dikorelasikan ke mitos atau budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Data yang digunakan berupa tanda berbentuk frasa, klausa, simbol, dan gambar yang bersumber dari poster karya siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah purposive sampling, hanya 25 data bertema demokrasi yang dipilih dari 55 total keseluruhan data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah model alir Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan delapan poster bermakna denotasi demokrasi kenegaraan, lima poster bermakna denotasi demokrasi kemasyarakatan, sembilan poster bermakna denotasi demokrasi pendidikan, tiga poster bermakna denotasi demokrasi keluarga. Makna konotasi yang muncul, yaitu isu yang berimplikasi terhadap kesejahteraan sebuah negara, isu yang berimplikasi terhadap kehidupan bermasyarakat, isu yang berimplikasi terhadap kesejahteraan pendidikan, dan isu yang berimpilikasi terhadap sistem keluarga. Mitos atau budaya yang muncul, yaitu berbagai stereotip dan tradisi yang telah menjadi sebuah konvensi di dalam masyarakat indonesia, seperti stereotip guru, kesetaraan gender, ras, politik, tradisi musyawarah, kerja bakti, dan berbagai budaya negara Indonesia.
Kata Kunci: semiotika, Roland Barthes, poster, demokrasi
This study aims to explore the denotation meaning, connotation meaning, and myth or culture of semiotic signs that appear in posters on the theme of democracy by students of class VIII SMP Negeri 9 Surabaya. Signification is done by describing the signs that appear in the poster using Roland Barthes' semiotic theory, namely denotation and connotation signification correlated to myth or culture. The type of research used is qualitative-descriptive. The data used are signs in the form of phrases, clauses, symbols, and images sourced from posters by students of class VIII SMP Negeri 9 Surabaya. The data collection technique in this study was purposive sampling, only 25 democracy-themed data were selected from 55 total data. The data analysis technique in this study is the Miles and Huberman flow model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that eight posters denoted state democracy, five posters denoted community democracy, nine posters denoted educational democracy, and three posters denoted family democracy. The connotation meanings that emerge are issues that have implications for the welfare of a country, issues that have implications for social life, issues that have implications for educational welfare, and issues that have implications for the family system. Myths or cultures that emerge, namely various stereotypes and traditions that have become a convention in Indonesian society, such as stereotypes of teachers, gender equality, race, politics, traditions of deliberation, community service, and various cultures of the Indonesian state.
Keywords: semiotics, Roland Barthes, poster, democracy