ABSTRAK
Model pembelajaran Learning Cycle 7E merupakan kumpulan dari rangkaian tahapan-tahapan
kegiatan belajar yaitu Elicit , Engagament , Exploration , Explanation ,
Elaboration , Evaluation , dan Extend .
Setiap tahapan dari Learning Cycle 7E bertujuan
untuk memecahkan suatu permasalahan dengan cara penyelidikan, penemuan, dan
analisa yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari
penelitian ini adalah Menghasilkan LKPD
berorientasi model Learning Cycle 7-E untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta
didik pada sub materi perkecambahan biji
pada kelas XII SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan,
dan keefektifan guna
menunjang proses pembelajaran di sekolah. LKPD yang dikembangkan
menggunakan desain penelitian model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate .
Uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII IPA 7 SMA
Negeri 16 Surabaya. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas yang
dilihat dari hasil validitas para ahli, kepraktisan yang dilihat dari aktivitas
peserta didik, dan keefektifan yang dilihat dari hasil belajar, keterampilan
berpikir kritis, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
validitas LKPD yang dikembangkan sebesar 3,65 dengan kategori sangat layak.
Kepraktisan LKPD berdasarkan observasi aktivitas peserta didik mendapatkan
hasil sebesar 94,58% untuk LKPD 1 dan 97,08 untuk LKPD 2, keduanya
tergolong dalam kategori sangat praktis. Keefektifan yang dilihat dari hasil
belajar peserta didik mencapai peningkatan 90%, keterampilan berpikir kritis
peserta didik mencapai 87%, dan respon peserta didik mencapai 96,67 dengan
kategori positif.
Kata kunci : Lembar Kegiatan Peserta
didik (LKPD), Learning Cycle 7E, keterampilan
berpikir kritis, perkecambahan biji.
ABSTRACT
Learning
Cycle 7-E is the collection of the steps in the learning process which has
elicited, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, and
extend. Each step of learning cycle model 7-E have the purpose to solve the
problems with investigating, finding, and analyzing in order to build students’
critical thinking. Therefore, the primary of this study is to produce LKPD that
is using learning cycle model 7-E in order to build students’ critical thinking
for seed germination material in third grade of senior high school students. In
order to produce LKPD by using learning cycle 7-E, 20 students of XII IPA 7
SMAN 16 Surabaya are selected and the development of LKPD is using 4-D model.
Those are defined, design, develop, and disseminate. Then, the measurement of
this study includes validity from the other research which showed on the
students’ activity, response, critical thinking, and the effectiveness of the
learning. The
result of this study showed that the development of LKPD validity is 3,65 which
has the proper categories. The practice of LKPD is based on the observation of
students’ activity that has 94,58% for the first LKPD and other is 97,08. Both
of them has a practical category. It can be seen from the result of the
students learning that has development 90%, the critical thinking is 87%, and
the response of the participants is 96,67 which has a positive category.
Keywords : Worksheet,
learning Cycle 7E, critical thinking skills, seed germination