Kata kunci: leksikografi, kamus, game online, diseminasi
Penelitian ini mengkaji tentang penyusunan sebuah kamus istilah game online. Hal tersebut di latar belakangi oleh perkembangan media hiburan dikalangan anak muda maupun dewasa dari sebuah game berbasis online. Dalam game online terdapat istilah-istilah yang muncul dan terkadang tidak dimengerti oleh para penikmat game online. Oleh sebab itu dilakukan penyusunan terhadap istilah yang ada dan mengumpulkannya menjadi sebuah kamus.
Tujuan penelitian ini adalah; a) Mendeskripsikan lema pada kamus istilah game online; b) Menjelaskan arti lema pada kamus istilah game online; c) Menjelaskan cara penyajian pada kamus istilah game online.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode simak dan metode cakap secara bergantian sebagai metode pengumpulan data, dan teknik yang digunakan adalah teknik cakap semuka dan simak. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas human instrument dan lembar validasi.
Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian ini adalah; a) terdapat 144 lema yang berhasil ditemukan; b) dari 144 lema yang ditemukan, sebagian besar lema menggunakan bahasa Inggris yang dicampur dengan imbuhan ataupun gabungan kata dari bahasa Indonesia; c) Dari data lema yang berhasil terkumpul, dikelompokan sesuai abjad dan disusun sedemikian rupa sesuai syarat penyusunan kamus hingga menjadi sebuah produk yaitu Kamus Istilah Game Online (KIGO).
Keywords: leksikograpy, dictionary, online game terms, disemination
This study examines the compilation of a dictionary of online game terms. This was motivated by the development of entertainment media among young people and adults from an online-based game. In online games there are terms that appear and are sometimes not understood by online game lovers. Therefore, the preparation of existing terms and compiling them into a dictionary.
The purpose of this study is; a) Describe entries in the online game terms dictionary; b) Explain the meaning of entry in the dictionary of online game terms; c) Explain how to present in the dictionary of online game terms.
To achieve the objectives of this research, this study uses the method of listening and conversational methods alternately as a method of data collection. While the data collection techniques in this study are upfront and listening competent techniques. The instruments in this study consisted of human instruments and validation sheets.
Based on the formulation of the problem, the results of this study are; a) there are 144 entries found; b) Of the 144 entries found, most of the entries used in English were mixed with additions or combined words from the Indonesian language; c) From the entries that have been collected, are grouped in alphabetical order and arranged in such a way according to the terms of the dictionary preparation to become a product that is the Online Game Terms Dictionary.