ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
ANALYSIS OF NUMBER HEAD TOGETHER LEARNING MODEL IN IMPROVING STUDENT ACTIVITY
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Head Number Learning dalam meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan pada mata pelajaran administrasi umum, khususnya kompetensi dasar memeriksa dokumen atau surat masuk dan keluar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Dengan teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. sebenarnya selama proses pembelajaran siswa cenderung materi pelajaran kontekstual, sehingga kita membutuhkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Number Head Together (NHT) adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk menciptakan pola interaksi melalui penguasaan dan pemahaman mater. Melalui diskusi kelompok dengan penomoran di setiap anggota, membuat siswa untuk secara aktif mendiskusikan proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa.
This study aims to describe the learning model Head Number Learning in increasing student activity. This research is a descriptive qualitative research. The research subjects were students of class X OTKP at SMKN 1 Lamongan in general administration subjects, specifically the basic competency of checking incoming and outgoing documents or letters. Data collection techniques using interviews. With data analysis techniques through data collection, data presentation and drawing conclusions. actually during the learning process students tend to be contextual subject matter, so we need the right learning model. The Number Head Together (NHT) learning model is a learning model that is applied by teachers to create patterns of interaction through mastery and understanding of mater. Through group discussions with numbering in each member, making students to actively discuss the learning process to achieve the specified learning goals. Based on the research it can be concluded that the Number Head Together (NHT) learning model can increase student activity.