INSPIRASI DISNEY ART STYLE PADA MASKOT SEBAGAI BRANDING TAMAN BACA WEPOSE SURABAYA
DISNEY ART STYLE INSPIRATION ON MASCOT AS BRANDING AT WEPOSE READING PARK SURABAYA
Membaca merupakan bekal dalam mencari ilmu dan informasi melalui susunan kata yang tertulis. Minat baca anak wilayah Surabaya perlu ditingkatkan untuk memajukan masa depan bangsa, sehingga taman baca perlu dihadirkan demi menunjang tujuan tersebut. Salah satu komunitas mahasiswa mendirikan Taman Baca Wepose untuk menunjang kegiatan belajar membaca anak di Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Taman Baca Wepose dalam meraih atensi yang lebih luas dari masyarakat Surabaya, sehingga tujuan penelitian ini untuk merancang branding dengan sentuhan maskot yang dapat menyentuh ikatan emosianal audiens agar mudah diingat. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Agar dapat lebih memahami positioning untuk branding Taman Baca Wepose maka diperlukan Metode Analisis SWOT sebagai langkah awal menyusun strategi. Selanjutnya menggunakan metode perancangan The Design Process oleh Amy E. Arntson yang meliputi enam langkah: research, thumbnails, roughs, comprehensives, presentation dan ready to press. Perancangan ini menghasilkan maskot yang sesuai dengan kebutuhan branding Taman Baca Wepose dengan visualisasi khas Disney Art Style. Visualisasi selanjutnya dapat diterapkan pada media promosi seperti Instagram feeds, banner, X-banner, poster, T-shirt, notebook, totebag, jam dinding, dan stiker.
Reading is a provision in seeking knowledge and information through the arrangement of written words. The reading interest of children in the Surabaya area needs to be increased to advance the nation's future, so that reading gardens need to be presented to support this goal. One of the student communities established the Wepose Reading Park to support children's learning to read in Surabaya. This research is motivated by the need for Taman Baca Wepose in gaining wider attention from the people of Surabaya, so the purpose of this research is to design branding with a mascot touch that can touch the audience's emotional bonds so that they are easy to remember. The research method used is a qualitative descriptive method. In order to better understand the positioning for Wepose Reading Park branding, a SWOT Analysis Method is needed as the first step in developing a strategy. Furthermore, using the design method The Design Process by Amy E. Arntson which includes six steps: research, thumbnails, roughs, comprehensives, presentation and ready to press. This design produces a mascot that fits the needs of Wepose Reading Park branding with a typical Disney Art Style visualization. Further visualization can be applied to promotional media such as Instagram feeds, banners, X-banners, posters, T-shirts, notebooks, totebags, wall clocks, and stickers. Keywords: Reading Park, Mascot, Disney Art Style, Branding