Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor secara penyusunan alat-alat dan perabotan kantor pada luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia untuk memberikan sarana bagi pekerja. Penentuan mengenai kebutuhan ruangan dan penggunaan secara terperinci dari ruangan untuk menciptakan susunan yang praktis dari fator-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Tata Ruang Kantor di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Provinsi Jawa Timur.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang ada pada Subbagian Keuangan dan Umum menggambarkan bahwa: (1) Tata Ruang Kantor di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII menggunakan bentuk tata ruang gabungan. (2) Asas tata ruang kantor yaitu asas jarak terpendek dan asas penggunaan segenap ruangan telah digunakan dengan baik sesuai dengan kaidah yang ada. Namun, untuk asas rangkaian kerja dan asas perubahan susunan tempat kerja belum diterapkan dengan baik karena beberapa kendala. (3) Faktor-faktor dalam lingkungan kantor telah diterapkan dengan baik, seperti pengaturan cahaya yang sudah cukup baik, penggunaan warna dinding yang soft dan elegan, udara yang sejuk, dan bunyi bising yang masih dalam batas wajar.
Saran untuk kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII khususnya pada Subbagian Keuangan dan Umum adalah perlunya penambahan ruangan arsip, perlunya penambahan ventilasi, perlunya pengaturan terkait suhu AC, dan perlunya penambahan fasilitas penunjang pekerjaajn seperti printer dan mesin fotokopi.
Kata Kunci: Perabotan, Kantor, Tata Ruang
Office layout is the arrangement of office space in the preparation of tools and office furniture on the floor area and office space available to provide a means for workers. Determination of the room needs and the detailed use of the room to create a practical arrangement of the physical factors that are deemed necessary for the implementation of office work at a reasonable cost. The purpose of this research is to describe office space in the National road implementation of the state VIII of east javaprovince. The research approach used in this research is a descriptive approach with qualitative methods. The techniques used in data collection are observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques use four stages: data collection, data reduction, data presentation, and with drawal of conclusionsor verification.
The results of the research in the financial and public subsections illustrate that: (1) Office space at the National road implementation of the VIII uses a combined spatial form. (2) The principle of office layout is the principle of the shortest distance and the basic use of all rooms is used properly in accordance with the rules. However, for the basic work set and the principle changes in the workplace arrangement have not been implemented properly due to some constraints. (3) The factors in the office environment have been well implemented, such as good enough light settings, soft and elegant use of wall colors, cool air, and the noise is still within the limits of the fair.
Advice for the Office of the National Road implementation of the VIII, especially in the financial and public subsections is the need for the addition of archive rooms, the need for the addition of ventilation, the need for arrangements related to AC temperature, and the need Supporting works such as printers and copiers.
Keywords: furniture, office, spatial