Nama :Erlita Cahyani
NIM :15080554009
Program Studi :S-1
Jurusan :Pendidikan Ekonomi
Fakultas :Ekonomi
Nama Lembaga :Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. H. Ady Soejoto, S.E., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Jombang dalam pengaruh parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 182 siswa XI IPS dengan sampel yang digunakan 125 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar baik parsial maupun simultan. Nilai signifikansi t hitung disiplin belajar sebesar 0,028 sedangkan nilai signifikansi motivasi belajar 0,000. Dan nilai signifikansi F hitung sebesar 0,000. Variabel disiplin belajar dan motivasi belajar secara simultan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 34,7% sedangkan 65,3% dipengaruhi variabel diluar penelitian
Kata kunci : disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar
Name : Erlita Cahyani
Study Program : S-1
Department :Economic Education
Faculty :Economic
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Prof. Dr. H. Ady Soejoto, S.E., M.Si
This research aim to know the influence of discipline learning and motivation learning to economics learning outcome of grade XI Social sciences at MAN 1 Jombang in partial or simultan influence. This research is a type of associative research with a type of quantitative approach. The population in this study were 182 students of XI Social sciences with a sample of 125 students using a proportional random sampling technique. The instrument used was a questionnaire. The analysis technique used is multiple linear regression analysis.
The results of this study indicate that there is a significant effect of learning discipline on learning outcomes both partially and simultaneously. Significant value t count learning discipline of 0.025 while the significance value of learning motivation is 0,000. And the significance value of F count is 0,000. Learning discipline variables and learning motivation affect student learning outcomes by 34,7% while 65,3% are influenced by variables outside the study.
Keywords : discipline learning, motivation learning, learning outcomes