Identifikasi Potensi Desa Wisata Di Desa Mojo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro Melalui Konsep Comunity Based Tourism (CBT)
Identification of the Potential of Tourism Villages in Mojo Village, Kalitidu District, Bojonegoro Regency through the Concept of Community Based Tourism (CBT)
Desa Wisata Mojo merupakan objek wisata di Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Atraksi yang ditawarkan dalam desa wisata ini memanfaatkan pertanian belimbing, kemudian seiring berjalannya waktu atraksi yang ditawarkan bertambah menjadi tiga macam yaitu: petik belimbing dan pengolahan belimbing, susur sungai dan camping ground yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Penambahan atraksi ini nampaknya belum mampu untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat daya tarik susur sungai dan camping ground, tingkat aksesbilitas Desa Wisata Mojo, tingkat sarana prasarana Desa Wisata Mojo, tingkat sumber daya manusia Desa Wisata Mojo, dan tingkat motivasi pengelola Desa Wisata Mojo.
Subjek penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di atraksi wisata susur sungai dan camping ground dengan sampel atraksi yang masing-masing ditiap objek wisata 30 orang responden dan sampel pengelola Desa Wisata Mojo berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan pedoman kuesioner untuk memperoleh data daya tarik, sumber daya manusia pengelola, motivasi pengelola. Observasi digunakan untuk memperoleh data aksesbilitas dan sarana prasarana. Dokumentasi untuk memperoleh data pendukung seperti jumlah wisatawan tahun 2015-2018, monografi desa Mojo, Data BPS, Citra Google Earth. Teknik analisis data yang digunakan adalah pensekoran dengan menggunakan Skala Llikert yang kemudian dideskripsikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik atraksi susur sungai dan atraksi camping ground masing-masing memiliki tingkat yang menarik, aksesbilitas Desa Wista Mojo berada di tingkat sangat baik, sarana prasarana Desa Wisata Mojo berada pada tingkat kurang baik, Sumber daya manusia Desa Wisata Mojo berada pada tingkat tinggi, motivasi pengelola Wisata Desa Mojo memiliki tingkat tinggi.
Kata Kunci : Desa Wisata Mojo, Pariwisata, Daya Tarik, Sumber Daya Manusia
Mojo Tourism Village is a tourist attraction in the Kalitidu District of Bojonegoro Regency. The attractions offered in this tourism village provide star fruit farming. Invites the passage of the costs offered to increase to three types namely: star fruit picking and starfruit processing, Susur Sungai and Camping Ground. This is intended to increase the number of tourists visiting. The addition of this holiday seems to have not been able to increase the number of tourists visiting. The purpose of this study was to study the attractiveness of Susur Sungai and Camping Ground, the level of accessibility of Mojo Tourism Village, the level of Infrastructure of Mojo Tourism Village, the level of Human Resources of Mojo Tourism Village, and the level of support of the manager of Mojo Tourism Village.
The subjects of this study were tourists visiting the Susur Sungai and Camping ground tourist sites with a sample of 30 tourist objects in each tourist attraction. Data collection uses interview techniques with a questionnaire guide to obtain data on attractiveness, human resources managers, motivation of managers. Observation is used to obtain accessibility of data and infrastructure. Documentation to obtain supporting data such as tourist numbers for 2015-2018, Mojo village monograph, BPS data, Google Earth imagery. The data analysis technique used is the scoring using Llikert Scale which is then described.
The results showed that the river withdrawal and camping camps each had an attractive level, the accessibility of Wista Mojo Village depended on a very good level, the infrastructure of Mojo Tourism Village depended on unfavorable levels, the human resources of Mojo Tourism Village depended on the level high, the motivation of the Tourism Manager of Mojo Village has a high level.
Keywords: Mojo Village, Tourism, Attraction, Human resources