PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN SPATIAL VISUALIZATION INTELLIGENCE PADA MATERI PROYEKSI ORTOGONAL DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Rendahnya tingkat spatial visualization intelligence atau kemampuan spasial visual siswa kompetensi
keahlian DPIB berdampak pada kerja otak yang kesulitan dalam menganalisis, memahami dan membaca
sebuah gambar teknik. Upaya yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kemampuan ini adalah dengan pola
pendidikan yang tepat salah satunya penggunaan media yang sesuai dengan konsep materi seperti e-modul.
Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan uraian penjelasan mengenai (1) keefektifan e-modul terhadap
peningkatan spatial visualization intelligence ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi proyeksi
ortogonal (2) respon siswa terhadap e-modul pembelajaran materi proyeksi ortogonal. Metode penelitian
yang digunakan ialah RnD ASSURE yang terdiri dari enam langkah diantaranya: analyze learners; state
objectives; select method, media, and materials; utilize media and materials; require learener’s
participation; dan evaluate and revise. Tahap uji coba produk dilaksanakan menggunakan quasi
experimental jenis pretest-posttest control group design pada siswa X-DPIB di SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Nilai rerata n-gain yang didapat kelompok eksperimen sebagai pengguna e-modul adalah 0,62 dengan
kriteria keefektifan “Sedang”. Sedangkan rerata n-gain untuk kelompok kontrol sebagai pengguna media
powerpoint adalah 0,56 dengan kriteria keefektifan “Sedang”. Nilai rerata n-gain sebesar 0,62 pada
kelompok eksperimen menjadi bukti empiris yang mendukung efektivitas media e-modul lebih tinggi dalam
upaya meningkatkan spatial visualization intelligence siswa dibandingkan media ppt yang digunakan oleh
kelompok kontrol. Respon siswa terhadap e-modul proyeksi ortogonal terkesan positif karena hasil data
penelitian menunjukkan nilai rata-rata respon siswa mencapai 4,59 dengan nilai persentase 91,7%. Tingkat
persentase ini termasuk pada kualifikasi “Sangat baik”.
Kata Kunci: E-modul, Spatial visualization intelligence, Keefektifan, Respon siswa
Many students who lacked spatial visualization intelligence or spatial-visual skills found it difficult to
analyze, comprehend, and interpret engineering drawings, especially when competing with DPIB skills.
However, this ability can be enhanced through precise educational approaches, such as using media that
aligns with the subject's concept, like e-modules. The objective of this study was to gain insights into two
things: (1) the effectiveness of e-modules in enhacing spatial visualization intelligence, as assessed through
student assesment in orthogonal projection material, and (2) student feedback on the e-module for learning
orthogonal projection material. The study employed the RnD ASSURE research method, encompassing six
steps: analyze learners; state objectives; select methods, media, and materials; utilize media and materials;
require learner's participation; and evaluate and revise. The product trial phase involved a quasiexperimental pretest-posttest control group design conducted on X-DPIB students at SMK Negeri 1
Sidoarjo. The experimental group, utilizing the e-module, achieved an average n-gain value of 0.62,
categorized as "Medium" effectiveness. In contrast, the control group, employing PowerPoint as the
medium, obtained an average n-gain of 0.56, also falling under the "Medium" effectiveness criterion. The
experimental group showed an average n-gain value of 0.62, providing empirical evidence that the emodule is more effective in enhancing student's spatial visualization intelligence than the PowerPoint used
by the control group. The research data indicates that the average student feedback on the orthogonal
projection e-module was favorable with an average response value of 4.59, which corresponds to a
percentage of 91.7%. This percentage falls within the "Very good" qualification level.
Keywords: E-modul, Spatial visualization intelligence, Effectiveness, Student feedback