Kebahagiaan pada Remaja Putri yang Tinggal di Pondok Pesantren
Happiness among Adolescent Women Who Live in Islamic Boarding
Schools
Penelitian ini membahas mengenai kebahagiaan pada remaja putri yang tinggal di pondok pesantren.
Kebahagiaan merupakan emosi positif yang dapat memberikan kepuasan terhadap kehidupan. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kebahagiaan terkait faktor beserta proses-proses
terbentuknya kebahagiaan remaja putri selama tinggal di pondok pesantren. Jumlah partisipan 3
orang, dengan usia 13-15 tahun. Untuk metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, dengan
jenis wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Huberman yang
mengidentifikasikan bahwa terdapat dua tema utama yaitu: 1) faktor-faktor pembentuk kebahagiaan
pada remaja putri yang tinggal di pondok pesantren, dan 2) proses-proses terbentuknya kebahagiaan
pada remaja putri yang tinggal di pondok pesantren. Memperoleh hasil bahwa kebahagiaan remaja
putri yang tinggal di pondok pesantren terbentuk melalui faktor-faktor dan proses yang baik.
This study discusses is happiness among adolescent women who live in Islamic boarding schools.
Happiness is a positive emotion that can bring satisfaction to life. The purpose of this research is a
description of happiness related to the factors and processes that form the happiness of adolescent
women while living in Islamic boarding schools. The number of participants is 3 people, aged 13–15
years. The research method used is qualitative research with a case study approach. Retrieval of data
using interview techniques with semi-structured interview types This research uses Miles and
Huberman's data analysis, which identifies that there are three main themes, namely: 1) factors
forming happiness in adolescent women who live in Islamic boarding schools; and 2) the processes
of forming happiness in adolescent women who live in Islamic boarding schools. Obtain the result
that the happiness of adolescent women living in Islamic boarding schools is formed through good
factors and processes.