Visualisasi spasial merupakan kemampuan yang digunakan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini meneliti empat komponen visualisasi spasial yaitu, membayangkan, merotasi, memanipulasi dan mentransformasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visualisasi spasial siswa kelas X MA ditinjau dari jenis kelamin.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah tes kemampuan matematika (TKM), tes visualisasi spasial 1 (TVS 1), tes visualisasi spasial 2 TVS 2, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kediri kelas X-MIPA 6 pada saat Semester Genap tahun ajaran 2018/2019. Dari 13 kelas X MA pada sekolah tersebut dipilih secara purposive kelas X-MIPA 6 yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Seluruh siswa kelas X-MIPA 6 diberikan TKM, kemudian dari hasil TKM diambil dua siswa yaitu satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki dengan kemampuan matematika setara serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik sebagai subjek penelitian. Dua subjek penelitian diberikan tes visualisasi spasial yang kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Hasil jawaban tes visualisasi spasial dan hasil wawancara dianalisis untuk mendapatkan deskripsi visualisasi spasial siswa kelas X MA ditinjau dari jenis kelamin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen membayangkan objek siswa laki-laki melakukannya dengan membayangkan gambar dari informasi yang ada pada soal dan kemudian menyatukannya menjadi suatu bangun geometri yang dimaksud tanpa bantuan objek lain. Pada komponen memanipulasi objek, siswa laki-laki mengubah bangun geometri yang diberikan dengan membayangkan bangun tersebut sama seperti suatu objek nyata. Pada komponen merotasi objek, siswa laki-laki merotasi bangun geometri dengan membayangkan ada garis bantu yaitu sumbu x dan sumbu y pada salah satu bagian pada bangun tersebut. Pada komponen mentrasformasi objek, siswa laki-laki menyusun bangun dengan bantuan objek nyata.
Siswa perempuan pada komponen membayangkan objek melakukannya dengan membayangkan gambar dari informasi yang ada dan kemudian menyatukannya menjadi suatu bangun geometri yang dimaksud tanpa bantuan objek nyata. Siswa perempuan menemukan bangun geometri yang dimaksud dengan pertimbangan bahwa bangun tersebut disusun atas beberapa balok dan untuk mengetahui bangun geometri yang dimaksud. Pada komponen memanipulasi objek, siswa perempuan mengubah bangun geometri yang diberikan dengan membayangkan bangun tersebut secara keseluruhan dan kemudian ia menghitung banyaknya bangun datar. Setelah itu, siswa perempuan memperhatikan polanya dan kemudian membandingkan dengan banyaknya bangun datar yang telah dihitung tadi hingga akhirnnya mendapatkan jaring-jaring dari bangun geometri yang dimaksud. Pada komponen merotasi objek, siswa perempuan memusatkan rotasi di salah satu bagian pojok kiri bawah dari bangun geometri tersebut, kemudian membayangkan merotasi bangun tersebut dengan memutarnya ke arah kiri. Pada komponen mentrasformasi objek, siswa perempuan melakukannya dengan membayangkan menumpuk kardus sesuai dengan informasi yang ada pada soal.
Spatial Visualization is the ability used in studying and solving geometry problem. This study examined four components of spatial visualization those are imagining, rotating, manipulating and transforming. This study was a descriptive study using qualitative approach. This study aim to described spatial visualization of class X MA students based on sex.
The main instrument in this study was the researcher and the supporting instruments were Mathematics Ability Test MAT, Spatial Visualization Test 1 SVT 1, Spatial Visualization Test 2 SVT 2, and Interview Guidelines. The study was conducted at MAN 2 Kediri class X-MIPA 6 at second semester calendar academic 2018 2019. From 13 classes of class X MA at the school selected purposively class X MIPA 6 that consist of 20 female students and 6 male students. All students of class X MIPA 6 were given MAT then from the result of MAT, two students were taken a male and female student who have equal Mathematics ability and also have good communication skill as the subject of study. The two subjects study were given spatial visualization test then followed by interview. The result of the spatial visualization and interview were analyzed to get description of the partial visualization of class X MA students based on gender.
The result showed that in the component of imagining object, male student did it by imagining images based on the information in the question and the putting them together into a geometrical shape without of other object help. In the component of manipulating object, the male student changed the geometrical shape that given by imagining the shape as a real object. In the component of rotating object, male student rotated geometrical shape by imagining there are helped lines those are line X and line Y in one part of the shape. While in the component of transforming object, male student arranged the shape by real object help.
Female Student on component of imagining the object, she did it by imagining image from the information that given in the question, then combined it into a geometrical shape without real object help. Female student looked for geometrical shape by considering that the shape arranged from some blocks and to find out geometrical shape that questioned. In the component of manipulating object, the female student changed geometrical shape that given by imagining the shape whole. Then she calculated the number of shape. Next, the female student concerned to the patter then compared it with the number of shape that had been calculated so that, she got the webs from the geometrical shape questioned. Meanwhile on the component of rotating object, the female student centered the rotation at one of a part of the left-under corner of geometrical shape, then she imagined rotating the shape by rotating to left. In the last component, transforming object, the female student did it by imagining stacking boxes according to the information at the question.