ABSTRAK
M.
Syaiful Anwar, 2018. Pengembangan
Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Ips
Materi Jenis–Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kelas IV
Sekolah Dasar , Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Waspodo
Tj ipto Subroto, M.Pd., dan (II) Dr. Muhammad Jacky,
S.Sos, M.Si .
Kata-kata
Kunci : Multimedia
Interaktif, Macromedia Flash, kemampuan kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia
Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8
Pada Pembelajaran Ips Materi Jenis–Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Kelas IV
SD Negeri Kolor II.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan
multimedia interaktif menggunakan Macromedia
Flash 8 dengan desain nonequivaent
control group design mengikuti model 4-D dari Tiangarajan (1974). Subjek
penelitian SD Negeri Kolor II Kabupaten Sumenep, Sampel kelas IV-A dan IV-B
yang sama-sama berjumlah 31 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh
sebagai berikut. Hasil uji validasi media sangat valid dengan skor rata-rata
3,96, hasil respon siswa diperoleh rata-rata 94% . dan keterlaksanaan
pembelajaran dengan skor rata-rata 3,68 sangat baik. Hasil analisis keefektifan
dengan uji t untuk data pretest kelompok kontrol dan eksperimen bahwa
pada nilai posttest thitung = 5,767 dengan ketelitian 0,05 dan df =
66, maka besar ttabel = 1,668. Apabila thitung >ttabel
maka terdapat pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif
menggunakan Macromedia Flash terhadap
kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN Kolor II materi Jenis-Jenis pekerjaan.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
multimedia interaktif menggunakan Macromedia
Flash materi Jenis-Jenis Pekerjaan valid, praktis diterapkan di sekolah
dasar, dan efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa
ABSTRACT
M.
Syaiful Anwar, 201 9 . Development
of Interactive Multimedia Using Macromedia Flash 8 On Learning Ips Materials
Types Of Work To Improve Cognitive Ability Of Fourth Grade Students Of
Elementary School ,
Tesis, Basic Education Department, Postgraduate of
Universitas Negeri Surabaya.. Advisor (I) Dr. Waspodo
Tj ipto Subroto, M.Pd., and (II) Dr. Muhammad Jacky,
S.Sos, M.Si .
Kata-kata
kunci : Interactive
Multimedia, Macromedia Flash, Cognitive Ability
This research aimed to develop
Interactive Multimedia Using Macromedia Flash 8 On Learning Social Studies Materials Types of Work To Improve Cognitive Ability of fourth grade
students of S DN Kolor II.
This research is aimed to development interactive multimedia using
Macromedia Flash 8 with nonequivaent control group design design following
model 4-D from Tiangarajan (1974). Research subjects SD N Kolor II Sumenep, Samples class IV-A and IV-B are equally 31 students.
Research data are available as follows. The validation of media validation
result is very valid with average score 3,96%, student response result average
94%. and learning implementation with an average score of 3.68 is very good.
Effectiveness result with t test for pretest data of control and experiment
group that is at value of thitung
= 5,767 with accuracy 0,05 and df = 66, hence ttabel =
1,668 . Time thitung >ttabel
by using Interactive Multimedia information using
Macromedia Flash to cognitive ability of fourth grade of SDN Kolor II material
Types of Works.
Based on result of data analysis,
it can be concluded that interactive multimedia using Macromedia Flash theme
“Jenis-Jenis Pekerjaan” valid, practice use of elementary school and
effectively increase student cognitive abilities.