Evaluasi Program Bimbingan Kerja Di Bursa Kerja Khusus Menggunakan Model CIPP
Evaluation of Job Guidance Programs in Special Job Exchanges Using the CIPP Model
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan program bimbingan kerja di Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PGRI 2 Ponorogo. Program Bimbingan Kerja (BimKer) diikuti oleh peserta didik kelas XII SMK PGRI 2 Ponorogo. Bimbingan Kerja dibedakan menjadi dua yaitu kelompok regular dan kelompok intensif. Jika kelompok reguler dilaksanakan selama satu bulan di bulan oktober. Berbeda dengan kelompok intensif, kelompok ini dikhususkan untuk peserta yang mendaftarkan diri akan bekerja di Korea, Jepang serta PT Komatsu yang dilakukan selama delapan kali pertemuan yang mana dalam setiap minggunya dilakukan sekali pertemuan. Materi yang didapat selama mengikuti Bimbingan Kerja diantaranya matematika dasar dan kewirausahaan, psikotes, akun karir, kejuruan dan olahraga. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP, ini terdiri dari empat aspek evaluasi: context, input, process,dan product. Subjek penelitian terdiri dari koordinator BKK, admin, pemateri, serta para lulusan dari program Bimbingan Kerja. Variabel yang dievaluasi adalah keberhasilan program Bimbingan Kerja. Data tentang keterlaksanaan program Bimbingan Kerja dikumpulkan dengan teknik wawancara dan angket. Wawancara dilakukan dengan coordinator BKK, admin serta pemateri dari Bimbingan Kerja sedangkan angket diberikan pada para alumni dari Bimbingan Kerja BKK SMK PGRI 2 Ponorogo. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sarana, prasarana dan kehadiran peserta pelatihan.
Hasil evaluasi dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Evaluasi Konteks: BKK SMK PGRI 2 Ponorogo telah mendapatkan sosialisasi mengenai ketentuan dibentuknya Bursa Kerja Khusus yang cukup serta tujuan dari dibentuknya BKK ini disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta. Evaluasi Input: BKK SMK PGRI 2 Ponorogo telah merancang strategi dan kerja sama yang baik. Selain itu, BKK juga telah menyediakan sarana dan prasarana yang telah sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menunjang keterlaksanaan dari program Bimbingan Kerja. Evaluasi Proses: Pengimplementasian Bimbingan Kerja di Bursa Kerja Khusus telah dilaksanakan sesuai dengan strategi Bursa. Ini dapat dilihat dari berbagai pelaksanaan strategi yang telah dilaksanakan BKK sendiri. Evaluasi Produk: Hasil implementasi Bimbingan Kerja sudah baik. Dilihat dari jumlah peserta yang telah mendaftar pekerjaan ke perusahaan dan jumlah peserta yang diterima di perusahaan – perusahaan ternama baik dalam maupun luar negeri juga sudah banyak.
Kata Kunci: Evaluasi, Bimbingan Kerja, Bursa Kerja Khusus, CIPP
This research aims to evaluate the achievement of the objectives of the job guidance program at the Special Job Exchange (BKK) SMK PGRI 2 Ponorogo. The Job Guidance Program (BimKer) was attended by class XII students at SMK PGRI 2 Ponorogo. Job Guidance is divided into two, namely regular groups and intensive groups. If the regular group is held for one month in October. Different from the intensive group, this group is specifically for participants who register to work in Korea, Japan and PT Komatsu which is held over eight meeting held every week. The material obtained during the Job Guidance includes basic mathematics and entrepreneurship, psychological tests, career accounts, vocational and sports.The evaluation model used is CIPP, it consists of four evaluation aspects: context, input, process, and product. The research subjects consisted of BKK coordinators, admins, presenters, and graduates from the Job Guidance program. The variable evaluated is the success of the Job Guidance program. Data regarding the implementation of the Job Guidance program was collected using interview and questionnaire techniques. Interviews were conducted with the BKK coordinator, admin and presenters from Job Guidance while questionnaires were given to alumni from BKK Job Guidance at SMK PGRI 2 Ponorogo. Documentation techniques are used to collect data about facilities, infrastructure and attendance of training participants.
The evaluation results from this research are as follows: Context Evaluation: The Special Job Fair at SMK PGRI 2 Ponorogo has received adequate socialization regarding the provisions for establishing a Special Job Fair and the purpose of forming the BKK has been adjusted to the needs of the participants. Input Evaluation: BKK SMK PGRI 2 Ponorogo has designed good strategies and cooperation. Apart from that, BKK has also provided facilities and infrastructure that meet needs so that they can support the implementation of the Job Guidance program. Process Evaluation: Implementation of Job Guidance at the Special Job Exchange has been carried out in accordance with the Exchange's strategy. This can be seen from the various strategy implementations that have been implemented by BKK itself. Product Evaluation: The results of the implementation of Job Guidance are good. Judging from the number of participants who have registered for jobs with companies and the number of participants who have accepted it in well-known companies both domestic and foreign, there are also many.
Keywords: Evaluation, Job Guidance, Special Job Fair, CIPP