PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA KELAS 6 SDN JATIMULYO 1 DI ERA PANDEMI COVID 19
MOTOR DEVELOPMENT OF GRDAE 6 STUDENTS AT SDN JATIMULYO 1 IN THE ERA OF THE COVID 19 PANDEMIC
Penelitian ini mengkaji kemampuan motorik siswa kelas VI SDN Jatimulyo 1 di era pandemi. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survei. Populasi penelitian terdiri dari 19 siswa kelas VI, dengan instrumen tes motorik mencakup kelincahan, koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan. Pembelajaran PJOK di masa pandemi menemui sejumlah tantangan yang signifikan. Pembatasan fisik dan interaksi sosial menghambat kemampuan guru untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Terbatasnya ruang dan fasilitas di sekolah memperumit pelaksanaan kegiatan olahraga yang sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, penyesuaian kurikulum serta kendala akses dan teknologi juga menjadi perhatian, karena membutuhkan waktu dan upaya ekstra untuk merancang pembelajaran yang relevan dan memastikan siswa berpartisipasi. Tes ini memiliki 5 kategori: sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.Hasil penelitian menunjukkan kelincahan berada di interval rendah (43.00-46.38), koordinasi tinggi (21.66-26.13), keseimbangan rendah (0.69-4.40), dan kecepatan sedang (9.72-10.60). Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan rata-rata kemampuan motorik selama pandemi. Hasil tes perkembangan motorik menunjukkan nilai rata-rata sebagai berikut: tes lari 10 meter 4 x 10 meter (kelincahan) dengan rata-rata 41,31, tes lempar dan tangkap 1 meter (koordinasi) 19,72, uji keseimbangan berdiri bangau 6,28, dan uji lari 30 meter (kecepatan) 10,16. Pandemi Covid-19 dan kurangnya fasilitas pendukung memperlambat perkembangan motorik siswa.
Kata Kunci: perkembangan motorik, pandemi covid 19, pendidikan jasmani
This study examines the motor skills of grade VI students of SDN Jatimulyo 1 in the pandemic era. The methodology used was quantitative with a survey design. The study population consisted of 19 grade VI students, with motor test instruments including agility, coordination, balance, and speed. Physical education during the pandemic encountered a number of significant challenges. Physical restrictions and social interactions hinder teachers' ability to organize effective and enjoyable sports activities for students. Limited space and facilities in schools complicate the implementation of sports activities in accordance with health protocols. In addition, curriculum adjustments as well as access and technology constraints are also a concern, as it requires extra time and effort to design relevant learning and ensure students participate. The results showed that agility was in the low interval (43.00-46.38), high coordination (21.66-26.13), low balance (0.69-4.40), and moderate speed (9.72-10.60). Data were analyzed descriptively quantitatively to obtain the average motor skills during the pandemic. The results of the motor development test showed the following average values: 4 x 10 meter running test (agility) with an average of 41.31, 1 meter throwing and catching test (coordination) 19.72, crane standing balance test 6.28, and 30 meter running test (speed) 10.16. The Covid-19 pandemic and lack of supporting facilities slowed down students' motor development.
Keywords: motor development, covid 19 pandemic, physical education