Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisi pengaruh pendidikan dan Tenaga Kerja terhadap pertumbuhan ekonomi; (2) Menganalisi pengaruh pendidikan, Tenaga Kerja, dan pertumbuhan ekonomi terhadap indeks kebahagiaan; (3) Menganalisi pengaruh pendidikan dan tenaga kerja terhadap indeks kebahagiaan melalui pertumbuhan ekonomi.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi. Periode dalam penelitian ini adalah dua tahun yaitu tahun 2014 dan 2017 dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk kombinasi antara data Time Series dan data Cross Section (34 provinsi di Indonesia) yang juga dikenal sebagai panel data. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Path Analysis.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia; (2) pendidikan, tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap indeks kebahagiaan di Indonesia; dan (3) pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap indeks kebahagiaan melalui pertumbuhan ekonomi diIndonesia, dan variabel pertumbuhan ekonomi tidak berhasil menjadi variabel intervening untuk tenaga kerja terhadap indeks kebahagiaan di Indonesia.
The study aims to (1) Analyze education and labor towards economic growth; (2) Analyzing education, Labor, and economic growth towards happiness index; (3) Analyzing education and developing the workforce towards happiness index through economic growth
The approach in this study uses a quantitative research approach. The sampling technique in this study used saturated samples. Data collection techniques in this study used documentation. The period in this study is two years, namely 2014 and 2017 using secondary data in the form of a combination of Time Series data and Cross Section data (34 provinces in Indonesia) which are also known as data panels. Testing the hypothesis in this study using Path Analysis.
Based on the results of data analysis, the results of the study show that (1) education has a significant effect on economic growth, while labor has no significant effect on economic growth in Indonesia; (2) education, labor, and economic growth significantly influence the happiness index in Indonesia; and (3) education significantly influences the happiness index through economic growth in Indonesia, and the variable economic growth does not succeed in becoming an intervening variable for labor towards the happiness index in Indonesia.