ANALYSIS OF 8TH GRADE STUDENTS ASKING QUESTIONS SKILL IN SCIENCE SUBJECTS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas keterampilan bertanya siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini melibatkan 22 siswa SMP Kelas VIII di salah satu sekolah terakreditasi A yang terletak di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Instrumen yang dipakai berupa tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara serta analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan pertanyaan siswa berdasarkan level kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa pada level kognitif C1 Mengingat sebesar 53,6%, C2 Memahami sebesar 31%, C3 Menerapkan sebesar 7%, C4 Menganalisis sebesar 6,79%, C5 Mengevaluasi sebesar 2%. Adapun pada level kognitif C6 Menciptakan masih belum muncul. Faktor yang mempengaruhi keterampilan bertanya siswa berdasarkan hasil wawancara yaitu ketertarikan pada materi yang dipengaruhi oleh nilai penting dan kedekatan materi dengan kehidupan siswa. Kesimpulan yang didapat yaitu keterampilan bertanya siswa berada pada pertanyaan tingkat rendah dengan ketertarikan pada materi sebagai pengaruh terbesar siswa untuk memunculkan pertanyaan tingkat tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran, siswa penting membuat pertanyaan tingkat tinggi pada level C3 sampai C6 setelah membaca teks IPA.
Kata kunci: Keterampilan bertanya siswa; mata pelajaran IPA; taksonomi bloom revisi
AbstraCT
This study aims to describe the quality of 8th grade students’ questioning skills in science subjects and the factors affecting it. This descriptive study with a quantitative approach involved 22 students of 8th grade students in an A-accredited school located in Waru District, Sidoarjo Regency. The instrument used are test and interview guidelines. The data collection techniques used were interviews and document analysis. Data analysis was done by grouping student questions based on cognitive level in Revised Bloom's Taxonomy. The results of the study showed that students' questioning skills at the cognitive level of C1 Remembering was 53.6%, C2 Understanding was 31%, C3 Applying was 7%, C4 Analyzing was 6.79%, C5 Evaluating was 2 %. As for the cognitive level of C6 Creating did not appear. Moreover, factors that influence the students' questioning skills were their interest in the texts, how important and close the text topics to the students' lives. In conclusion, the students' questioning skills were at low-level with interest in the text as the biggest influence on the students’ questions quality. The implication of this research is in learning, students should make high-level questions at C3 to C6 levels after reading science text.
Keywords: Student questioning skills; science subjects; revised bloom’s taxonomy.